Bayar PBB Online

Hari Rabu kemarin saya bayar PBB via ATM BCA untuk rumah yang di Depok. Pihak pengembang memang baru bulan lalu memberikan SPPT PBB tahun 2008. Sedangkan tahun 2005 sampai dengan tahun 2007, SPPT PBB belum pernah diterima. Memang rumahnya juga baru diselesaikan tahun 2007 [kasus] walaupun rumah dibeli sejak tahun 2003. Ya, ini kasus pengembang yang bangkrut memang.

Karena kasus itu, saya sendiri tidak tahu jika tanah tersebut sudah dialihnamakan ke konsumen oleh pengembang. Bahkan sampai akhir 2006, bangunan masih setengah jadi, dan hanya rumah hantu. Tetapi si pengembang sudah mendaftarkan tanah berikut bangunan. Tetapi daripada repot-repot, saya bayar saja.

Oh ya, saya tahu kewajiban PBB sejak 2005 karena saya intip di intranetDJP. Tinggal memasukkan nomor objek pajak [NOP] ke aplikasi di intranetDJP, keluar data PBB. Status pembayaran sampai 10 tahun ke belakang langsung nampak. Dan, status pembayaran PBB yang saya ceritakan diatas tentu belum dibayar.

Sorenya, sekitar jam empatan saya ke ATM BCA di seberang kantor. Setelah bayar [di ATM angka yang muncul pokok ditambah bunga], saya fotokopi struk pembayaran dan langsung naik ke lantai tiga. Terus dicek lagi di intranetDJP. Awalnya sih saya mau mencetak bahwa saya punya utang bayar PBB empat tahun sekaligus untuk digabungkan dengan fotokopi struk pembayaran.

Setelah memasukkan NOP, ternyata yang status pembayaran sekarang "lunas" dengan tempat pembayaran "ATM BCA". Wah, ternyata sudah benar-benar online!

DAFTAR ATM TEMPAT PEMBAYARAN PBB
Menurut surat Direktur DTPB No. S-091/PJ.13/2008, bahwa sekarang ini PBB bisa dibayar di ATM bank : BCA, BII, Bank Jatim, Bank Bumiputera, Bank Bali, Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank DKI, dan BNI. Untuk Bank Jatim tentunya hanya melayani objek PBB di Jatim, Bank DKI untuk objek PBB di Jakarta, dan Bank Bali untuk objek PBB di Bali saja!

Selain lewat ATM, pembayaran PBB bisa juga dengan internet banking : BCA, Bank Mandiri, dan BNI. Atau bisa juga dengan Call Mandiri [Bank Mandiri] dan Phone Plus [BNI].

Satu hal, bayar PBB akan lebih aman jika dibayar sendiri! Tidak dititipkan. Gampang ko, tinggal bawa SPPT PBB, pergi ke ATM, pilih menu pembayaran pajak, masukkan NOP, dan tahun pajak! Fakta yang saya temukan, banyak kasus PBB yang dititipkan ke petugas desa atau pemda tidak disetorkan ke Kas Negara.


Jadi, bayarlah pajak ke bank langsung.


Berhubung ada perubahan dalam intranet DJP, sampai saat ini [Desember 2010] saya tidak bisa lihat status pajak terutang PBB. Apakah ini ada kaitannya dengan "persiapan" pengalihan PBB kota/desa menjadi Pajak Daerah tahun depan? Saya sendiri tidak tahun. Karena itu saya mohon maaf.

update 20 Desember 2012
sebagian besar Pemda sejak Januari 2013 telah mengambil alih administrasi PBB P2. Karena administrasi sudah ada di Pemda/Pemkota maka semua catatan hutang pajak pun sudah pindah ke Pemda/Pemkota. DJP sudah "lepas tangan". 

Silakan cek dinisi:
http://www.pajak.go.id/content/pengalihan-pbb-perdesaan-dan-perkotaan

salam hormat

Komentar

Anonim mengatakan…
Pak, saya mau tanya.
Jika saya ingin mengetahui status pajak tanah dan bangunan yang saya miliki bagaimana caranya?

Dimana saya isa mendapatkan data yang bisa bapak intip di intranetDJB tsb ?

Dan jika pembayaran melalui ATM ataa internet banking, kita kan hanya mendapat struk ATM/i banking, apakah struk tsb sudah dianggap valid sbg bukti pelunasan PBB ? Jika tidak, apa yang harus saya lakukan ?

Mohon maaf pak, saya banyak bertanya .

Regards,

Caya
Raden Agus Suparman mengatakan…
Status pembayaran PBB bisa dilihat jika ada NOP [nomor objek pajak]. Dan sampai saat ini hanya bisa dilihat di komputer Intranet DJP bukan internet. Jika penasaran, silakan kirim NOP ke email saya. Struk pembayaran via ATM sah sebagai bukti pembayaran. Karena itu, silakan copy [supaya tidak pudah tulisannya] dan simpan bukti pembayaran tersebut!
Anonim mengatakan…
th. 2006 saya byr lewat atm bca, th. 2007 byr di kantor kecamatan buduran sidoarjo jatim, nah skr saya mau byr yg th. 2008 lewat klik bca kok gak bisa ya ? kenapa? No. SPPT : 35.15.120.004.001-0256.0

thx pak...

Nur
Raden Agus Suparman mengatakan…
NOP-nya sudah benar. Mungkin lagi tidak online saja. Coba lagi saja. NOP tsb atas nama Nur Qomariah, kompleks Surya Asri A3-26 Sidokepung Sidoarjo.
Anonim mengatakan…
Pak, saya mau tanya:

Kalo saya mau minta print out pembayaran PBB dari thn 1998, bisa ngga ya? Kalo bisa dimana saya bisa mendapatkannya?
Masalahnya saya mo jual rumah saya yg di bekasi, sedangkan pihak pembeli minta print out pembayaran PBB dari thn 2008 ( untuk prosedur kedit di bank). Sedangkan saya hanya punya bukti bayar dari thn 2004 s/d 2007. Tolong ya, solusinya. Terima kasih banyak.

Tmy.
Anonim mengatakan…
halo pak Raden.. boleh di check juga dong pak PBB saya. nomornya NOP nya sudah saya email.

thx,
Rika Purba
Anonim mengatakan…
Met sore pak raden...kalo untuk daerah perkotaan, hal itu mungkin dengan lancar bisa dilakukan. tapi bagaimana kalau di daerah pedesaan, yang notabene untuk pengiriman STTS melibatkan pihak ketiga (aparat kelurahan). maunya kita bayar sendiri,tapi hal itu nampaknya masih sulit dilakukan.tq
Anonim mengatakan…
selamat pagi pak
saya punya rumah di koposayati,tapi skrg rumah tsb kosong,dan saya tinggal di jakarta.
saya mau bayar pbb.masalahnya saya LUPA nomor sppt nya.
kemana yah tempat utk menanyakan no sppt saya tsb?

Terima kasih
Anonim mengatakan…
pak boleh dibantu NOP ini: NOP: 361905002000320700
jawaban boleh ke albertush at yahoo dot com

Terimakasih
Anonim mengatakan…
Pak bisa dibantu ngecek status PBB saya, NOP 34.02.140.003.019-0146.0. Bisa diemail ke sptedi@yahoo.com
Trims banyak.
Unknown mengatakan…
Saya mau bayar PBB melalui BCA Internet banking,
Kemudian saya input Nomor SPPT(NOP):217403000400600560, yang muncul buka nama
Andi Firmanda lagi tapi nama orang lain, dan saya coba masukan nomor SPPT tetangga ternyata namanya juga tidak sesuai. Tolongkasih jawaban gimana caranya harus bayar PBB lagi?
Emailke lielianto@yahoo.com
Terima kasih
Unknown mengatakan…
Saya mau bayar PBB melalui internet banking bca, setelah saya input NOP: 217403000400600560, nama yang muncul bukan andi firmanda dan nilai PBB juga berkurang, kemudian saya coba NOP tetangga saya, ternyata sama seperti saya sudah tidak sesuai namanya.
Gimana caranya saya mau membayar PBB?
Terima kasih
Jawaban mohon diemail ke lielianto@yahoo.com
jet mengatakan…
Salam kenal pak raden
Saya butuh informasi, kapan seseorang yang membeli rumah dideveloper mulai bayar pbb. Masalahnya saya kredit in-house di developer tsb, dan belum melakukan balik nama maupun serah terima, sedangkan pembayaran bphtb dll diberi kelonggaran sampai batas kurang lebih 1 tahun dari pelunasan.Memang tahun ini merupakan tahun terakhir saya mencicil, dan saya sudah mendapat tagihan untuk bayar pbb. Sebenarnya masih tanggung jawab developer atau pembeli?
Mohon jawabannya dan terimakasih.
Unknown mengatakan…
Pak Minta tolong bantu cek PBB terhutang saya donk :
NOP : 217100200400501600.
Minta tolong diemail ke email saya nuryanti_tan84@yahoo.com.sg
Terima kasih banyak.
Anonim mengatakan…
Pak kalo bayarnya pake sppt tahun kemaren bisa ga yah? soalnya sppt tahun skrg ga ada, tapi pas ditanya rt katanya udah dikasihkan, pas saya tanya anak kos katanya ga ada yg nerima, gimana itu pak?
trims.
freddy mengatakan…
malam pak raden...minta tolong di cek SPPT dengan nomor 32.75.041.002.407-0229.0 karena saya merasa ini nomor SPPT palsu atas nama Kalyubi.
Raden Agus Suparman mengatakan…
saya sudah cek NOP 32.75.041.002.407-0229.0 palsu
Raden Agus Suparman mengatakan…
Bayar PBB jika menggunakan ATM akan sangat membantu mengetahui jumlah PBB terutang yang penting kita tahu NOP. Bisa tahun sekarang, dan tahun-tahun sebelumnya yang belum dibayar. Jika bayar di ATM biasanya yang muncul sudah termasuk denda bunga, kecuali belum lewat jatuh tempo.

JIka memungkinkan, saya sarankan bayar PBB lewat ATM karena pasti masuk ke Kas Negara. Selama ini saya selalu bayar PBB via ATM. Kita tinggal memasukkan NOP dan tahun pajak, maka muncul berapa yang harus kita bayar. Copy atau scan struk pembayaran ATM tersebut supaya lebih awet. Lalu simpan sebagai bukti pembayaran.

Terima Kasih
Raden Agus Suparman mengatakan…
Pembaca yang mau dibalas via japri atau email, silakan sertakan nomor email di komentar. Nanti jawaban via email.

Hatur nuhun pisan.
Surya mengatakan…
malam pak Raden. Minta tolong pak (kalo gak ngerepotin)
bisa diliatkan tunggakan PBB 10 tahun terakhir beserta dendanya untuk
NOP 35.73.030.005.014-0176.0
mohon dibales lewat email soerja_an@yahoo.com
makasih pak
Unknown mengatakan…
punten kang bisa di cek no327507000500509610 berapa pajak yg terhutang ya ..nuhun kang
Raden Agus Suparman mengatakan…
Karena pajak terutang termasuk "data tertutup", mohon jawaban via email saja. Artinya yang minta posisi pembayaran PBB, silakan cantumkan alamat email di komentar atau kirim email langsung. Alamat email ada di header blog.
Unknown mengatakan…
pak saya mau nanya nih
sebulan yg lalu saya sudah refisi masalah luas tanah, tahun2 kemarin jumlahnya 2700an saya refisi jadi 2000an ( karena tanah sebenarnya segitu) minta tolong dicek sudah dirubah apa belum? terus pajaknya sekarang jadi berapa?
sppt/stts= no. 32 18.071.011.006.0063.0
nama= sri marhenny
tolong di email ke: habib.agpi@gmail.com
terimakasih banyak
akbar mengatakan…
Aku dah coba ke BCA pa ga bisa ga ada daftarnya apa ya ... NOP ku 32.78.005.002.027-0321.0
Unknown mengatakan…
met siang pak, minta tolong di cek pbb saya beserta dendanya selama 10 tahun terakhir NOP: 32.19.040.009.009.1863.0 dibales lewat email: dinozrs2@gmail.com. makasih sebelumnya.
Anonim mengatakan…
met sore pak, minta tolong di cek pbb saya beserta dendanya selama 10 tahun terakhir NOP: 35.15.060.003.001.1458.0 dan 35.15.070.003.009.0097.0 dibales lewat email: halim.setio@ramayana.co.id. makasih sebelumnya
bayu hendroatmodjo mengatakan…
salam kenal pak Raden, minta tolong untuk cek pbb saya 5 tahun terakhir, NOP: 32.78.002.007.023-0083.0, dibales via email bayu.mobile@gmail.com
terima kasih sebelumnya.
bayu hendroatmodjo mengatakan…
salam kenal Pak Raden, minta tolong untuk cek PBB saya 5 tahun terakhir.
NOP: 32.78.002.007.023-0083.0
mohon dibales via email bayu.mobile@gmail.com
terima kasih Pak.
salam....
PORTAL PROPERTY BANDUNG mengatakan…
Salam pak raden... trimakasih sebelumnya atas info yang sangat berguna,
saya mau minta tolong di cek pbb yang belum di bayar sampe tahun ini.. dan besarannya berapa
nop: 3206750005034-0002.0 a/n wanti/mira
PORTAL PROPERTY BANDUNG mengatakan…
lupa ..mohn balasan ke jalandago@gmail.com
trims
sukses buat pak raden
Anonim mengatakan…
salam pak!
mau tanya kalau pbb 2010 kapan bisa kita bayar batas waktunya, dan apakah sudah terbit?

trims
catalistic@gmail.com
firman
Anonim mengatakan…
ass. pak, kalau mau minta salinan (kwintansi) yang sudah lunas bisa nggak pak ya? soalnya ada tahun 2009 dan 2008 hilang .

mohon infonya
catalistic@gmail.com
trims
Anonim mengatakan…
ass
Perusahaan saya beli property thn 2008
sebelumnya atas nama PT X, kemudian kami beli atas nama perusahaan kami (PT Z), saya tanyakan ke pak raden mengenai pembayaran pbb lewat intranet DJP dan ternyata lunas hingga 2009 (sesuai dengan nama pemilik perusahaan kami), saya cek ke KPP kabupaten masih atas nama perusahan X, mohon penjelasannya pak (NOP :32.06.750.005.034-0002.0)
terimaksih sebelumnya
wass
Anonim mengatakan…
mohon maaf pak jawaban untuk nop 32.06.750.005.034-0002.0 (wanti) email ke jalandago@gmail.com
trim
Anonim mengatakan…
Pak Raden mohon bantuannya untuk pengecekan pajak terutang dan data NOP saya pak.
Nomor NOP nya saya kirim ke email bapak, balasannya bs dikirim via safitry@gmail.com
Terima kasih pak
Anonim mengatakan…
Maaf pak, mau tanya, kalo kita bayar PBB lewat ATM, lalu untuk mendapat form SPPT thn yg kita bayar, apa musti ambil ke kantor kelurahan?
Kalo hanya struk dari ATM kan hanya sebagai tanda bukti pembayaran, lalu jika ingin mengetahui berapa NJOP dari tahun yg kita bayar, kita musti harus ke kantor kelurahan untuk ambil form SPPT?

terimakasih

ineke (ineke@ati.co.id)
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum,
Pak Bisa minta tolong di cek-kan apakah PBB mulai tahun 2000 samapi 2010 dengan nomer SPPT(NOP): 32.78.011.006.003-0113.0 sudah dilunasi atau belum. mohon di email ke Djoko@propitt.com

Terimakasih
Unknown mengatakan…
Salam pak,
saya mau bayar pajak pbb dengan NOP 36.19.060.007.014-0117.0 mohon informasi NJOP beserta pajaknya untuk tahun 2010 mohon email ke wahyuadipurnomo@gmail.com,

Terimakasih
Anonim mengatakan…
salam pak ....
mohon bantuannya untuk cek-in nop saya ini ..
36.19.050.017.002-0992.0
saya coba bayar lewat bca online enggak bisa ...
mohon email ke nhomsan@yahoo.com

thank's
surya mengatakan…
kami para pengusaha kecil dibidang konstruksi geger masalah pajak fiskal karna dikabupaten kami baru diberlakukan, pertanyaan saya gimana caranya kita ngecek tunggakan pajak kami kalau lewet internet bisa ndak?
Anonim mengatakan…
Salam pak,
tahun 2009 saya bayar pbb lewat atm, tapi saya lupa atmnya (Mandiri atau BNI), saya cek kemandiri ternyata tidak ada transaksi pembayaran PBB, mau cek ke BNI tapi rekeningnya sudah ditutup, gimana ya pak dapet informasi bahwa itu sudah dibayar.
Terima kasih
Anonim mengatakan…
Pak, blh minta tlg di cek-in PBB & NJOP sy....?
Sy br aja beli rmh tp PBB nya ga jelas,
No. NOP : 32.75.031.003.030-0849.0
mohon email ke : annasuhandi@yahoo.com

Trimakasih byk seblumnya Pak.... :)
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum,
Pak Bisa minta tolong di cek-kan apakah PBB mulai tahun 2000 sampai 2010 dengan nomer SPPT(NOP): 32.17.030.016.016-0119.0 sudah dilunasi atau belum. mohon di email ke cucu@petra -energy.com

Terimakasih
Cucu S
agus mengatakan…
selamat siang pak..
saya sudah email nomer sppt (nop)ke email bapak
mohon tolong di cek informasi status pembayaran/denda/tunggakannya ya pak..
mohon dibalas emailnya ke : v3l4sc0@yahoo.com
terimakasih banyak pak..
Raden Agus Suparman mengatakan…
data pembayaran pajak sampai saat ini belum dibukan ke publik sehingga tidak ada di internet.
Anonim mengatakan…
pak,tanya.
1. nama dan alamat rumah di pbb saya tdk cocok.sy mau mengurus dimana? agar nama dan alamat benar.berapakah biaya utk mengganti nama dan alamat di pbb.persyaratan apa saja yg dibutuhkan.
2. utk mengecek apakah pbb yg saya sdh lunas atau belum dan kalau menghubungi pakai nomor telepon berapa?
3. mohon dibalas emailnya ke: heriagustin@yahoo.com
4. terima kasih
Anonim mengatakan…
Salam pak,
saya mau bayar pajak pbb dengan NOP 32.19.060.021.018-0028.0 mohon informasi NJOP beserta pajaknya untuk tahun 2010 mohon email ke parjono_06@yahoo.co.id

Terimakasih
junia mengatakan…
Assalamualaikum,
Pak Bisa minta tolong di cek-kan apakah PBB mulai tahun 2010 dengan nomer SPPT(NOP): 32.78.007.003.014-0674.0 atas nama NIA HARYANI. saya coba pembayaran di BCA tapi gagal. nomor tidak di kenal, dan saya sedang bingung mencari jaln keluar, tolong bantu saya pak, tanah yang saya beli sekarang. tiba2 disebelahnya di beli sama orang lain dan melewati batas tanah saya sekitar 4 meter. waktu pengukuran saya tidak tahu dan tidak di ajak. saya belum buat akta tanah, saya cuma punya sertifikat jual belinya saja. yang saya tannyakan, apakah tanah saya akan jadi sengketa nanti nya? dan bagaimana caranya agar tanah saya tdk bermasalah. apa yang harus saya lakukan, saya merasa benar karna saya sudah 4 tahun membeli tanah itu, sedangkan orang lain itu. dia baru beli dan belum buat surat2. saya tunggu bantuannya, terimakasi pak,
junia mengatakan…
Assalamualaikum,
Pak Bisa minta tolong di cek-kan apakah PBB mulai tahun 2010 dengan nomer SPPT(NOP): 32.78.007.003.014-0674.0 atas nama NIA HARYANI. saya coba pembayaran di BCA tapi gagal. nomor tidak di kenal, dan saya sedang bingung mencari jaln keluar, tolong bantu saya pak, tanah yang saya beli sekarang. tiba2 disebelahnya di beli sama orang lain dan melewati batas tanah saya sekitar 4 meter. waktu pengukuran saya tidak tahu dan tidak di ajak. saya belum buat akta tanah, saya cuma punya sertifikat jual belinya saja. yang saya tannyakan, apakah tanah saya akan jadi sengketa nanti nya? dan bagaimana caranya agar tanah saya tdk bermasalah. apa yang harus saya lakukan, saya merasa benar karna saya sudah 4 tahun membeli tanah itu, sedangkan orang lain itu. dia baru beli dan belum buat surat2. saya tunggu bantuannya, terimakasi pak,
junia mengatakan…
Assalamualaikum,
Pak Bisa minta tolong di cek-kan apakah PBB mulai tahun 2010 dengan nomer SPPT(NOP): 32.78.007.003.014-0674.0 atas nama NIA HARYANI. saya coba pembayaran di BCA tapi gagal. nomor tidak di kenal, dan saya sedang bingung mencari jaln keluar, tolong bantu saya pak, tanah yang saya beli sekarang. tiba2 disebelahnya di beli sama orang lain dan melewati batas tanah saya sekitar 4 meter. waktu pengukuran saya tidak tahu dan tidak di ajak. saya belum buat akta tanah, saya cuma punya sertifikat jual belinya saja. yang saya tannyakan, apakah tanah saya akan jadi sengketa nanti nya? dan bagaimana caranya agar tanah saya tdk bermasalah. apa yang harus saya lakukan, saya merasa benar karna saya sudah 4 tahun membeli tanah itu, sedangkan orang lain itu. dia baru beli dan belum buat surat2. saya tunggu bantuannya, terimakasi pak,
sapto edi mengatakan…
Pak, mohon bantuan informasi untuk mengecek kewajiban PBB saya. NOP no 34.02.140.003.019-0274.0 untuk daerah dukuh Tarudan, desa Bangunharjo, kec. Sewon, Bantul.
Saya mau ngecek tahun mana saja yang belum terbayar.
Banyak terima kasih sebelumnya.
sapto edi mengatakan…
Salam Pak
saya mau mengecek status PBB atas nama Pademo Wiyono NOP 34.02.140.003.019-0274.0

Mohon bantuan untuk tahun pajak 2004 - 2010, mana saja yg belum terbayar. Mohon di email ke sptedi@yahoo.com

Banyak terimakasih sebelumnya
Anonim mengatakan…
Salam kenal Pak Raden, sy biasanya bayar tagihan PBB via ATM BCA. Namun, tahun ini saya mencoba bayar dengan nomor NOP yang sama dan mendapat jawaban nomor NOP tersebut tidak dikenal. Saya sudah mencoba juga melalu IB BCA dan mendapat tanggapan yang sama. Apakah hal ini disebabkan karena saya pernah menunggak sampai 3 tahun terakir? Pembayaran terakhir yang berhasil dilakukan yakni tahun 2007. Sy menanyakan masalah ini ke BCA namun disarankan u/ menghubungi langsung pihak PBB. Mohon bantuannya, kemana saya bisa menanyakan masalah ini? Adakah nomor telepon yang bisa dihubungi? Rumah sy berlokasi di bintaro, tangerang, banten. Terima kasih banyak sebelumnya.
Anonim mengatakan…
untuk ibu Nia, untuk kepastian hukum sebaiknya tanah disertifikatkan.

pajak itu tidak ada hubungannya dengan bukti kepemilikan karena bukti kepemilikan itu diterbitkan oleh BPN (badan pertanahan nasional).

mohon maaf, saya tidak akan "mempublish" data PBB. silakan sertakan email untuk mendapatkan jawaban.

[raden suparman]
Anonim mengatakan…
jika "segan" berhubungan langsung dengan kantor pajak, silakan hubungi Kring Pajak 500200 bisa menanyakan apa saja berhubungan dengan perpajakan.

Jika via ATM tidak bisa kemungkinannya ada d2:
[1]. komputer bank sedang offline dengan komputer DJP. Hal ini bisa diulang di hari lain atau jam lain.

[2]. NOP yang dimasukkan bodong alias palsu. Jika hal ini terjadi maka harus mengirim surat langsung ke KPP Pratama penerbit untuk memastikan keasliannya. Ada kemungkinan dipalsu oleh "pengirim" untuk kepentingan pribadi.

[raden suparman]
Anonim mengatakan…
Salam Pak
saya mau mengecek status PBB atas NOP 35.75.020.004.003-0114.0

Mohon bantuan untuk tahun pajak 2010, apa sudah terbayar. soalnya saya lupa sudah bayar atau belum + buktinya jg ga ada.

Banyak terimakasih sebelumnya


just4mully@yahoo.com
Anonim mengatakan…
Salam kenal pak,...
boleh kah saya minta tolong di intip kan di intranet DJP kewajiban PBB saya krn sudah lama ga dibayar, email saya toto_suryadi@yahoo.com terima kasih sebelumnya.
No. SPPT nya : 32.78.006.007.003-0343.0 dan 36.19.061.007.022-0062.0
Anonim mengatakan…
Salam pak, saya jg pny masalah dgn status PPB dgn NOP 12.10.230.013.013-0653.0
SPPT terakhir tahun 2009 tp entah tahun-tahun sebelumnya sudah dilunasi blm? yang tahun 2010 jg blm ada SPPT nya.
Tlg email saya ya... hendora@hotmail.com
Terima kasih banyak....
Anonim mengatakan…
pak raden saya mau bayar pbb tahun ini tapi saya gak tau no nop nya cz aq baru beli rumah, trus dimana saya bisa liat no nop nya.
Raden Agus Suparman mengatakan…
NOP harus dicari atau diminta ke KPP Pratama. Minta ajah SPPT PBB-nya biar jelas. Kan kalo tidak ada SPPT PBB kita ga bisa bayar karena PBB masih semi official.
andreasrd72 mengatakan…
Bos minta tolong di cek yang kewajiban yang harus di bayar NOP 36.19.161.001.002-1587.0 a/n Darmadjaya. satu lagi NOP 36.19.161.001.002-1589.0 terima kasih sebelumnya.
Anonim mengatakan…
emailnya mana?
Anonim mengatakan…
salam kenal pak.
saya minta tolong di cek kan NOP 35.15.160.015.006-0100.0
a/n Suripto
ibu saya biasa menitipkan ke perangkat desa,dan kata perangkat desa tersebut PBB sudah dibayarkan, tapi sudah 1 bulan ini bukti pembayarannya belum diterima.
karena pengalaman itu untuk PBB dengan NOP yang lainnya sudah kita bayarkan sendiri.
Mohon bantuannya ya pak. bisa dikirim ke email: nanid_fz@yahoo.com
trims
Anonim mengatakan…
pagi pa Raden,

saya mau tanya, saya menempati rumah dari thn 2006, dibeli via pengembang, dulu awalnya karn ada kesalahan penulisan nama, jd saya sampai saat ini belum menerima atau belum mengurus PBB, kalo saya mau mengurus PP saya apakah saya harus buat ulang atau saya bisa cari langsung PBB saya di kelurahan saya..?
sebelumnya terimkasih

email saya : Arif76_id@yahoo.com
Anonim mengatakan…
Pak Raden Tolong cek pbb kami untuk 10 tahun terakhir (mulai 2010)
NOP 340407000302001310 mohon dikirim ke alamat denpj@yahoo.com
tks
Anonim mengatakan…
Pak Raden mohon cek PBB kami 10 tahun terakhir (mulai 2010)
NOP : 340407000302001310
mohon dikirim ke denpj@yahoo.com

tks
Anonim mengatakan…
Pak Raden....saya mau minta tolong di cek PBB saya 4 tahun kebelakang (mulai tahun 2010). NOP : 367574100401413670.
Saat ini nama wajib pajak masih atas nama developer/pengembang, bagaimana cara urus perubahan nama wajib pajak dan apa saja syarat-syaratnya?
Saat ini rumah saya telah dibangun (luas tanah sama, luas bangunan beda dengan yang tercatat di SPPT), apakah saya harus melaporkan hal ini dan bagaimana prosedurnya?
Mohon kirim ke che@stanley.co.id

Terima kasih banyak....
Iwan Putra mengatakan…
Salam Pak.
Mohon di cek keberadaan PBB keluarrga saya

NOP nama
36.19.061.003.005-0097.0ADLINA SINAGA
12.10.300.007.000-0014.7FREDERIK HUTAGALUNG
15.71.010.010.013-0161.0IWAN PUTRA
15.08.010.003.001-0012.0TAREGAN
15.08.090.003.003-0190.0LINDA MORA

Atas bantuan terima kasih..
Iwan Putra . email : iwanhtg@yahoo.co.id
Anonim mengatakan…
Selamat malam pak,
Saya minta tolong dicek PBB 2010 saya apakah sudah lunas? soalnya kemarin saya titip pembayaran ke Pak RT saya, dan saya cek di ATM BCA kenapa masih ada pembayaran? biasanya di jakarta tertera Pembayaran sudah Lunas, tetapi ini belum.
No.PBB: 32.78007001013-0612.0 tolong kirim info ke email saya: aldy_cruise@yahoo.com...terima kasih banyak yah pak.
Anonim mengatakan…
selamat siang pak. mau tanya, pbb saya telat 1 bulan..penghitungannya gimana ya pak dengan dendanya? lalu, kalau sudah telat seprti saya, masih bisa bayar melalui online? mohon infonya pak ke email saya: andreasho@rocketmail.com
thx a lot
Anonim mengatakan…
Pak bisa tolong di bantu untuk mengecek PBB orang tua saya,apakah ada tunggakan yg belum terbayar NOP:31.74.030.006.021-0129.0 A/n:Sadikin S.
tolong kirim infonya ke alamat E-mail Saya andrislamet17@yahoo.co.id.
Atas bantuan Bapak Saya ucapkan Terima kasih.
gardea mengatakan…
pak..aku juga mau tanya..
surat pemberitahuan pajak terhutang PBB tahun 2010 saya hilang..
NOP nya 327314000202060 dan 327314000202070
gimana caranya mau bayar??

tlong reply ke gardea_gardea_gardea@yahoo.com
terimakasih sebelumnya
Anonim mengatakan…
pak..surat pemberitahuan pajak terhutang PBB aku yg tahun 2010 ilang..gimana caranya kalo aku mau bayar??
makasih..
gardea_gardea_gardea@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Salam kenal Pak. Saya tertarik untuk bisa tau or cek pembayaran PBB saya lewat internet dimana pemayaran saya lakukan via atm 1-2 bulan yang lalu tapi struk hilang, tolong ini penting karena kebetulan saya byr PBB untuk rumah n tanah di tegal dan petugas balai desanya ngotot minta bukti. Adapun NOP (ada 3) sbb.: 33.28.130.012.002-0146.0 lalu 33.28.130.012.002-0147.0 dan 33.28.130.012.002-0149.0 - email saya di andikawp at yahoo dot com. Terima kasih banyak
jihan/hasna/joko/mery mengatakan…
Pak

Bisa minta tolong di cek sekalian NOP saya 327507000401312640 atas nama Joko Ratmono

--
Warm Regards,

Joko Ratmono
Anonim mengatakan…
pak, tolong di cek PBB 5th kebelakang, karna sekarang saya harus mengurus surat sewa tanah,saya baru tinggal di rumah ini baru 2 tahun.NOP:32.73.240.005.008-0069.0.
Mungkin ga dalam 5 tahun terakhir ada yang terlewat belum bayar? kalo mungkin, kita harus cari informasinya kemana?
THX. Tolong kirim ke mail saya kwiebeng@yahoo.com
Anonim mengatakan…
Pak. Salam kenal. Saya ada pertanyaan mengenai NOP: 36.19.061.007.017-1119.0, tadi saya mau bayar PBB untuk tahun 2009/10 melalui internet banking, dibilang nomor pajak salah atau tidak dikenal. Apakah boleh minta tolong di cek pak? Rumah di daerah pamulang, tangerang dan bukti sTTS yang ada di saya adalah tahun 2007. Makasih
AZHAR AKMAL mengatakan…
pak mau tanya status NOP :3278000601401700310 dan kalau bayar denda bisa on line juga ?
Anonim mengatakan…
Dear Pak Raden,
mudah2an tidak menambah repot.. :)
Bisa tolong dicek juga histori PBB, NOP:
327322000400904340
untuk tahun 2007-2010?
Tolong di email ke kidungz@yahoo.com Pak.

Terima kasih banyak Pak.
Salam.
Raden Agus Suparman mengatakan…
Mohon maaf, berhubung ada perubahan teknis di Intranet DJP maka saya tidak bisa "mengintip" daftar PBB terutang. Silakan coba saluran resmi Kring Pajak di 500200. Atau langsung ke KPP terdaftar.
Anonim mengatakan…
Pak bisa dibantu ngecek status PBB saya, NOP 35.78.150.001.005-0170.0. Bisa diemail ke listygethezeia@yahoo.com
Trims banyak.
Anonim mengatakan…
pak
Anonim mengatakan…
Selamat Sore Pak
Pak saya ingin minta tolong untuk melihat
NOP : 36.19.030.016.010-0021.0
Atas nama PT. HOKIKO MOTORINDO
Jl. Raya Serang KM 13.8 RT. 002 RW. 02
SUKADAMAI
KAB : TANGERANG

Saya ingin melihat apakah data ini benar adanya serta benar tanah dan bangunan milik yang bersangkuta.
Saya harap kkonfirmasinya pak.
Terima Kasih
Anonim mengatakan…
Maaf pak.
ini alamat email saya

mn_suryd@yahoo.com.au
terima kasih pak

Ttd : Suriani
Raden Agus Suparman mengatakan…
[saya ulangi]

Mohon maaf,
berhubung ada perubahan teknis di Intranet DJP maka saya tidak bisa "mengintip" daftar PBB terutang.

Silakan coba saluran resmi Kring Pajak di 500200.
Atau langsung ke KPP terdaftar.
astri mengatakan…
Selamat Pagi Pak,
saya ingin menanyakan sppt tahun 2005,2006 & 2007 hilang pada saat pendistribusian di ketua RT menurut Lurah Pondok Ranji. Saya sudah cek di kantor KPP Tangerang ada duplikatnya. Mereka tidak dapat memberikan copy SPPTnya, karena ada yang original. Tapi saya bayar juga tanpa SPPT. Tahun 2008 & 2009 saya tidak bayar karena tidak ada SPPT seperti 3 tahun yang lalu. Akhirnya di tahun 2010,saya melihat spanduk di kelurahan bisa mengambil SPPT di kelurahan/kecamatan,saya dapat. Yang saya mau tanyakan bagaimana yang 2 tahun itu ( 2008 & 2009) apa saya harus bayar juga atau tidak ? Kalaupun iya saya tidak mau bayar dendanya karena bukan kesalahan saya melainkan pihak lurah, RW, & RT. Bagaimana menurut bapak ? Satu lagi, Rumah yang saya tempati masih atas nama Alm.Asril alwi (ayah), saya sudah menanyakan ke notaris dekat rumah, mereka bilang kalau balik nama atas nama ibu & anak-anak dikenakan pajak balik nama(ibu &anak-anaknya)serta pajak ahli waris (anak-anaknya). Apakah sebasar itu saya harus mengeluarkan biaya pajak sedangkan rumah tidak untuk dijual. Bagaimana baiknya menurut bapak?
Terimakasih atas perhatian & waktunya.
Tolong di balas lewat email saya astrioktaviana@gmail.com
Terima kasih

Astri Oktaviana Asril Alwi
Unknown mengatakan…
Salam Kenal Pak
Sebelumnya minta maap saya minta tolong untuk mengecek PBB 10 thn kebelakang untuk SPPT NOP:32.73.141.001.005-0054.0
karena saya mau beli tanah dan rumah ini dan notaris minta PBB 10 th kebelakang.

Terimakasih atas perhatiannya
Tolong di balas lwt email saya supardiawan_jack@yahoo.com


supar Bandung
Anonim mengatakan…
Salam kenal pak

Sebelumnya saya minta maaf pak, bisa tolong di cek status PBB saya NOP : 357802200400701130 tahun 2009 dan 2010 sudah lunas atau belum ?
an : drs. Kadarisman, bisa tolong via email ke paijemsexy@rocketmail.com, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Sutejo mengatakan…
Selamat sore Pak Raden S.
Pengembang perumahan tempat saya tinggal menagih PBB kepada warga. Alasannya PBB sudah dibayarkan oleh pengembang dan kami diminta menggantinya.
Apakah tindakan mereka bisa dibenarkan? Apakah saya harus ikutin (membayar) kepada pengembang?
Kami tidak mendapatkan SPPT nya dan hanya list warga perumahan dan besarnya tagihan per type rumah.
Mohon pencerahannya Pak.
Terimakasih,
Salam
Sutejo
Anonim mengatakan…
saya mengalami kesulitan untuk membayar PBB via ATM, karena NOP nya pada saat pembayaran pajak tahun 2010 tidak ada, tetapi tahun sebelumnya data keluar sehingga bisa langsung bayar. Bagaimana mengecek NOP yang baru sedangkan saya tinggal di Jakarta, sementara lokasi tanah ada di Jambi. Mohon dibantu, terimakasih
Raden Agus Suparman mengatakan…
coba hubungi 500200 dulu.
Anonim mengatakan…
Salam kenal pak Raden.
Mau minta tolong cek status PBB saya di NOP:321807101100519410.Email saya : ariyanto.antonius@gmail.com
Terima kasih
salam
Budi
Anonim mengatakan…
Selamat malam,

Bagaimana caranya kita membayar pajak jika NOP tidak diketahui. Rumah tersebut di Bekasi dan saya tinggal di daerah lain.

Mohon Pak Raden bantu, siapa yang bisa dikontak untuk mengetahui NOP sehingga saya bisa membayar pajak melalui ATM.
Alamat email saya: nitaselvia@gmail.com
Anonim mengatakan…
Bpk Petugas pajak Yth

Selamat malam pak, saya beli rmh di Bekasi tp pajak dari 2007 belum dibayar sampai sekarang, terus saya hrs bayar diBank apa biar saya bisa bayar dari Jkt, krn saya tinggal di jkt dan denda brp %/bulan. tlg infokan ke budhi.suharto@yahoo.co.id
Terima kasih.
Anonim mengatakan…
Salam Kenal Pak
Bisa minta tolong cek status PBB saya 10 thn terakhir di NOP 32.03.130.018.007-1724.0, karena mau urus balik nama
via email risa_indriasari@yahoo.com
terima kasih
Risa
Anonim mengatakan…
Selamat sore Pak Raden,
Saya Mau bayarkan pajak pbb thun 2010 sekaligus untuk yang 2011 mengingat SPPT tidak pernah saya terima, apakah pajak pbb th 2010 bisa dibayarkan via ATM juga ya pak, terus bukti transfer di ATM apakah bisa dipakai untuk keperluan mengurus NPWP perusahaan baru, trims
Anonim mengatakan…
Salam kenal pak Raden.
Selama ini orangtua saya membayar SPPT melalui aparat desa.bisa tolong cek no NOP 16 03 050 005 007-0050 0 atas nama zaiful karim.tolong balas keemail saya indrawk@yahoo.com.terimakasih pak.
Anonim mengatakan…
selamat pagi pak..saya mau tahu status bayar dari NOP 36.19.140.008.001.2088.0 karena saya baru beli rumah itu dari pihak lain..pertanyaan kedua : apa benar struk ATM tingkat kesahannya dan kekuatan hukum yang sama dengan bukti bayar jika kita bayar langsung ke instansi yang bersangkutan? tolong ke email saya:
altar.kematian@yahoo.com
terima kasih.
Anonim mengatakan…
Pak Mohon dicek kan pbb saya dengan nop :
1. 34040800030130136.0
2. 34040800030130143.0

mohon di email ke denpj@yahoo.com

tks
Yohanes mengatakan…
Pak Raden, salam kenal pak

Mohon maaf saya minta bantuannya untuk cek pbb rumah yang saya beli dari orang lain,

NOP 32.18.730.006.008-2016.0
mohon bantuannya untuk cek pbb 2 tahun terakhir
di email ke yoh4nes@gmail.com
Terima kasih atas bantuannya
Anonim mengatakan…
Saya mau tanya pak, mengapa rumah saya setiap tahun selalu dikirimkan 2 blangko PBB 2 lembar dengan NOP yang berbeda tetapi alamat dan nama yang sama? Nomor NOP nya : 36.19.081.001.011-0408.0 dan 36.19.081.001.012-0820.0. dan setiap tahun saya hanya membayar salah satunya yaitu 36.19.081.001.011-0408.0 (Karena lebih tinggi/mahal tagihannya)via ATM BCA.

Salam.
Anonim mengatakan…
Salam kenal Pak
Saya rutin membayar PBB setiap tahunnya dari th 2001 s/d 2011 ini,tapi saya ada hilang bukti bayarnya utk th 2003,apakah saya bisa dapatkan salinan bukti bayarnya pak? dimana sy bisa dapatkan?
Terima kasih
Raden Agus Suparman mengatakan…
untuk mendapatkan bukti pembayaran PBB, silakan minta ke KPP Pratama terdaftar. Minta cek hutang PBB. Kalau menurut KPP udah lunas kan bisa jadi bukti bahwa kita udah bayar :D
Raden Agus Suparman mengatakan…
silakan cek ke KPP terdaftar ya
Irenne mengatakan…
Sore Pak Raden. Mohon maaf Bapak, boleh dibantu untuk check tunggakan PBB 10 tahun terakhir beserta dendanya untuk
NOP 31.72.031.002.027-0164.0
mohon dibales lewat email irenne_suhandy@yahoo.com

Terima kasih Pak.
Anonim mengatakan…
Sore Pak Raden.

Boleh dibantu untuk tunggakan PBB 10 tahun terakhir beserta dendanya untuk
NOP 31.72.031.002.027-0164.0
mohon dibales lewat email irenne_suhandy@yahoo.com
Terima kasih pak
Irenne
Anonim mengatakan…
Sore Pak Raden.

Boleh dibantu untuk tunggakan PBB 10 tahun terakhir beserta dendanya untuk
NOP 31.72.031.002.027-0164.0
mohon dibales lewat email irenne_suhandy@yahoo.com
Terima kasih pak
Irenne
Anonim mengatakan…
Selamat sore Pak Raden

Saya mau minta tolong untuk mengecek PBB 10 tahun kebelakang untuk SPPT NOP:31.72.050.005.016-0161.0
Tolong dibalas lewat email saya jamilah@elnusa.co.id
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam,
Nani
Anonim mengatakan…
Pak. Saya mau numpang tanya,bayar pajak yg benar itu gimana?....
Sblmnya saya bayar di BRI,entah kenapa skrg g bisa ?
Dan untuk skrg katanya harus di kelurahan,sebenarnya sih g apa tapi tambahanya saya cukup memberatkan.

Contoh : Bayar PBB nya Rp.3750,00 Tapi di +Rp.5.000,00. total Rp.8.750,00. Dan yang di minta Rp.10.000,00.
Anonim mengatakan…
Pak kalau copy SPPT untuk NOP nya tidak jelas bagaimana cara trace nya yah ? 7 tanah 1 kesatuan dengan 7 NOP dimana 4 diantaranya tidak jelas angka nya
Raden Agus Suparman mengatakan…
serahkan saja ke petugas KPP! gampang itu.
Raden Agus Suparman mengatakan…
bayar pajak yang benar ya ke BANK Persepsi, bukan ke orang atau dititip ke petugas.
Anonim mengatakan…
askum pak raden,,,
pak raden tolong d cek kn brp pajak trhutang untuk NOP.35.78.120.006.057-0078.0
masalahnya saudara saya koq teruz2an minta uang dg alasan masih kurang,,,!!!
yg lebih anehnya masak dari pajak th 2003 sampe 2011 ntu dendanya blm trbayar padahal setiap tahun selalu bayar pajak, yg dia katakan karena pihak pajak baru kasih tau begitu. apakah memang benar sprti itu,,???
krm jwbn k email aulia_fernanda@yahoo.com
Anonim mengatakan…
NOP saya 35.78.120.006.057.0078.0
tolong d periksa brp pajak trhutangnya dr thn 2003 mpe 2011,,??
terima kasih pak,,
aulia_fernanda@yahoo.com
Anonim mengatakan…
pak mow tanya lgii nich,,,
koq bz y pajak d thn 2003,2005 ntu d tagihkan d tahun 2011,,
padahal saya setiap tahun membayar pajak,,
apakah itu hanya dendanya saja,,,
trz apabila saya bayar, saya hanya membayar dendanya saja atau gmn,,???
trz apakah denda pembayaran jika terlmbt 1 bulan ntu sama dg 1 thn nilai nominal dendanya,,,???
mohon penjelasannya,,
aulia_fernanda@yahoo.com
wuzhost mengatakan…
Hallo kang raden,
saya mau minta di cek Sppt
NOP: 36.19.010.010.007-0272.0
a/n: ferih bt kameng nyoh
alamat: cempaka-cisoka
balaraja.
Balas ke email : wuzhost@gmail.com
thanks
Anonim mengatakan…
Siang P. Raden. Pak,mohon bantuannya utk cek SPPT PBB:
1) NOP 35.18.170.008.006-0104.0 a/n DIONO
2) NOP 35.18.170.008.015-0010.0 a/n DIONO
3) NOP 35.18.170.008.006-0062.0 a/n DIONO
Pembayaran tsb saya titipkan ke RT.
Mohon di email ke : eko_sohonganjuk@yahoo.co.id
Tks sebelumnya atas bantuannya.
hefadesainlogo mengatakan…
Selamat siang Pak Raden, mohon informasi NOP saya. Sampai hr ini, saya belum pernah menerima SPPT PBB apalagi membayar PBB. Alamat saya di Jl. Taman Udayana IX No.3, Desa Bojongkoneng Kec. Bojongkoneng, Kab. Bogor

Terima kasih
hefadesainlogo mengatakan…
Selamat siang Pak Raden, mohon informasi NOP saya. Sampai hr ini, saya belum pernah menerima SPPT PBB apalagi membayar PBB. Alamat saya di Jl. Taman Udayana IX No.3, Desa Bojongkoneng Kec. Bojongkoneng, Kab. Bogor

Terima kasih
Anonim mengatakan…
Bapak Raden,

Bisa minta tolong di cek brp PBB untuk thn 2011 untuk NOP 361908100302004390.

Sy telp kring pajak dibilang jumlah pbb 2011 untuk nop tersebut adalah xxx.

Tetapi pas sy mo bayar lewat ATM BCA kok nilai PBB yg tercantum untuk thn 2011 berbeda besar nominalnya dgn info yg dari kring pajak?? Selisihnya lbh besar 84rb untuk yg tertera di ATM bca.

Mohon pencerahannya. Jawaban tolong di email ke : mira_larissa@yahoo.com
Agus mengatakan…
Pak Raden, saya merasa beruntung nemu blog Bapak. Saya mau bayar PBB th 2009 & 2010 via Mandiri Internet Banking. Tapi selalu muncul pesan "Nomor Referensi Tidak Benar", padahal untuk tahun2 sebelumnya saya memakai NOP yg sama (327800500502003790). Mohon bantuan. Semoga Tuhan membalas kebaikan Bapak.
Terima kasih
Tjokro Fam mengatakan…
kl nop nggak tahu bisa dilacak kemana ya...datanya ilang gmn nyarinya, tks
Anonim mengatakan…
Salam Kenal Kang Raden,
saya ingin beli properti ruko di rungkut surabaya.
saya minta SPPT terakhir, namun penjual hanya bisa menunjukkan tahun 2004 terakhir.
NOP : 35.78.040.012.002-0426.0
saya ingin tau apakah ada tunggakan atau tidak?
terima kasih atas bantuannya, sukses selalu.

email : s.nempoeng@gmail.com
Anonim mengatakan…
NOP saya 32.03.131.004.002-0018.0
tolong d periksa brp pajak trhutangnya dr thn 2003 mpe 2011,,??
terima kasih pak,,
nopayadi@gmail.com
bejo mengatakan…
selamat siang pak . mau cek NOP an. sukisno
kebetulan ada dua :

320317002200912700
dan
320317002200914540
status sudah di bayar via atm
bagaimana cara mendapatkan lembaran bukti bayar yang warna merah ke oranye an ... makasih

balasannya ke soekisno@gmail.com
makasih pak
Anonim mengatakan…
pak bagaimana caranya membayar PBB melalui internet ?
Anonim mengatakan…
hallo bang raden, saya mau tanya, kl sppt saya hilang dan saya tidak tau NOP saya, bisa minta lagi tidak ya kekantor pajak?
terima kasih
Anonim mengatakan…
Selamat siang pak, mohon di cek NOP saya pak an Ayu P Dewi 327800201101810430
Saya coba bayar via BCA gak bisa2
Makasih
Anonim mengatakan…
Salam Kenal Pak, beruntung sekali saya dapat blog ini via google. Karena saat ini saya sedang tidak berada di Indonesia, saya ingin membayar PBB untuk tahun 2011 ini via mandiri internet banking. NOP nya adalah 36.19.050.014.007-0103.0
Saya coba masukkan nomer ini di mandiri internet banking dan responnya dibilang salah/tidak ditemukan. Bisa dibantu pak nomer yang harus saya masukkan untuk melakukan pembayaran online.

Balasannya ke email saya saja pak di susanto.pujo@yahoo.co.uk

Terima kasih banyak atas bantuannya.
Anonim mengatakan…
salam kenal pak...
minta tolong cek tunggakan pbb beserta denda nya dong dg NOP 36.19.050.006.004-0248.0 a/n Mustahidun Muslim.
Sy cek lewat klikbca ktnya nop tdk terdaftar.
balasannya tolong email ke denny_meiani@sigma.co.id atau dennymeiani2008@yahoo.com.
terimakasih
Anonim mengatakan…
Selamat sore Pak,
saya punya sebidang tanah di bandung tetapi saya menetap di Bali.
Dari tahun 2005 hingga skr saya blm membayar PBB tersebut.
Saya berniat untuk membayar seluruhnya,apakah saya bisa melakukan pembayaran tersebut di ATM BCA?
Dan apakah pembayaran melalui ATM tersebuat dianggap SAH oleh pihak Kantor Pajak.

Terima kasih sebelumnya pak.
herirjm mengatakan…
Pagi Pak,

Kalo saya mau minta print out pembayaran PBB dari thn 2010, bisa ngga ya? takutnya yang tahun 2011, belum terbayar walau saya inget sudah pernah membayarnya.
Masalahnya saya melakukan pembayaran PBB melalui KlikBca, Sedangkan saya lupa utk mencetaknya dan kebetulan Forward Emailnya pun sudah terhapus.
Oh ya, NOP saya : 367575200201900820
Tolong ya, solusinya. Terima kasih banyak.

Heri Sumanto
Raden Agus Suparman mengatakan…
pembayaran via ATM merupakan pembayaran SAH dan pasti masuk kas negara.
yang tidak sah malah yang titip ke petugas desa (sudah jadi kebiasan di perdesaan)
Raden Agus Suparman mengatakan…
Pak Heri, bukti pembayaran PBB tidak bisa dicetak ulang. Tetapi jika memang sudah bayar, pasti sudah tercetat di komputer kantor. Selama masih di administrasikan DJP, data komputer kantor bisa dipercaya

sebelum diserahkan ke Pemda :-)
Anonim mengatakan…
Salam kenal pak,
pak saya sudah beberapa tahun belum bayar PBB, nah bulan ini mau saya lunasi semuanya...bisa dibantu pak ngintip di Intranetnya DJP berapa total hutang pajak dan dendanya?

NOP saya adalah : 32.78.007.008.004.0265.0

Salam, A Rahman
email my_arman2709@yahoo.com.sg
Anonim mengatakan…
pak mau tanya, kalau pajak blom di bayar dari tahun 2003 smpe skg, gimana cara ngurusnya? dendanya berapa ya pak/.? apa ada program pemutihan pak? mohon informasinya, terima kasih.
Anonim mengatakan…
tidak bermaksud utk membela diri, sy kurang setuju jika menitip pembayaran PBB ke petugas desa atau kelurahan dianggap tidak sah, walaupun sy jg tdk menampik cukup banyak petugas yg "nakal". perlu diketahui bahwa dirjen pajak lah yg "meminta bantuan" melalui kelurahan2 utk mendistribusikan SPPT & menagihkan uangnya & menyetorkannya ke Bank (BPD). para petugas inipun mendapat pengawasan dari kecamatan, DPPKA & Inspektorat secara rutin setiap bulannya. kontrol laporan setoran bank jg rutin setiap bulannya. sebagai timbal balik jerih payah para petugas yg keliling ini, mereka menerima honor senilai 5,75% dari nilai PBB yg disetorkan ke Bank, yg diserahkan kepada para petugas pemungut setiap 3 bulan melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset (DPPKA). Jika memang pembayaran melalui petugas desa dianggap "tidak sah" seharusnya para pegawai dirjen pajak mampu mendistribusikan & memungut sendiri PBB tersebut hingga ke setiap pelosok desa/ kelurahan langsung kepada warga tanpa meminta bantuan dari kelurahan (hal yg selama ini belum mampu dilakukan sendiri oleh dirjen pajak maupun KPP nya). masih banyak para petugas yg bertanggungjawab melaksanakan amanah ini. jgn disamaratakan aplg tuduhan ini justru datang dari pegawai pajak sendiri yg jelas2 secara nyata hingga saat ini masih belum mampu menangani sendiri pendistribusian SPPT PBB & penarikan uangnya langsung kepada warga hingga ke pelosok desa. Sy yakin para petugas dari desa/kelurahan ini jg ga kesenengan amat disuruh nagih pajak keliling warga. krn kebanyakan capenya dibanding honornya & perlu diketahui sangat banyak warga yg harus didatangi petugas hingga berkali2 baru mau membayar PBB dg bnyk alasan. Para petugas ini sudah diperas tenaganya, honornya tdk setimpal, janganlah lagi ditambah bebannya dengan berbagai hinaan. hargailah para petugas yg masih mau bertanggung jawab, & petugas spt ini sangat banyak.
Anonim mengatakan…
siang pak
saya bisa minta tolong di checkkan PBB di nop 35.78.120.003.020-0542.0 a/n ibu endang trilatiani , thn berapa aja yg belum di lunasi dan berapa dendanya, apa bisa kalo saya bayar thn 2011 dulu , balasannya tolong diemail ke fevamay@yahoo.com
thanks
Anonim mengatakan…
Selamat Sore pak......
Raji Fauzi mengatakan…
Mas Raden maaf neh bukti struk ATM saya hilang tapi itu tetap tercatat kan mas? saya lupa apa bisa saya minta tolong di cek? kalo tidak salah terakhir saya bayar tahun 2008
Anonim mengatakan…
Pak Raden Suparman, mau tanya bagaimana mengcek seseorang sudah punya NPWP atau belum, apa bisa cek melalui online / internet, nama Web Site nya apa?
Anonim mengatakan…
pas sy mau cari imb tp pbb blm dibayar, apa bs kita tau dr pbb milik tetangga seberang rumah? kebetulan sy baru dpt copy pbb nya..
Anonim mengatakan…
NOP saya : 35.10.170.015.003.0038.0
Mohon dicek PBB yg belum terbayar beserta dendanya mulai tahun 2001, tolong dibalas via email prastyowatiyuli@yahoo.com
trims atas bantuannya
Anonim mengatakan…
NOP 31.72.031.002.003-0288.0 Minta tolong dicek PBB yg belum terbayar beserta dendanya mulai th2001, dan bagaimana cara membayarnya, apakah tunggakan PBB bisa dibayar via ATM, lalu apa di ATM nanti tertera tahun tahun sekian dan denda denda sekian, tolong dibalas ke email: toindri@hotmail.com
Trima Kasih, GBU
Anonim mengatakan…
Pak tolong dicheck kan PBB No.327502000200721690 atas nama siapa , karena terakhir saya bayar melalu BCA masih nama orang lain sedangkan seharusnya sudah proses koreksi nama atas nama suami saya . mohon informasinya di email ke anni-rsl@cbn.net.id , makasih atas bantuannya trims anni
imam wibowo sakti mengatakan…
Pagi pak, Alhamdulillah ketemu blog bapak ini. PBB rumah saya tidak pernah terbit lagi sejak tahun 2001 dan saya sudah cek ke Kelurahan juga tidak ada. Sudah saya coba byr lwt ATM dan internet banking juga blm bisa. Bisa minta tolong dicek pak sekalian dengan pajak dan dendanya. No.SPT : 32.19.070.009.012-2035.0/00-01 dan 32.19.070.009.012-2036.0/00-01. Lokasi di kel.Pdk Karya Kec.Pdk Aren Tangerang Selatan. email imam.sakti@gmail.com. Terima kasih
Anonim mengatakan…
Selamat Malam pak, mohon bantuan bantuan info apakah ada tunggakan pada NOP 317203100300304850, juga info luas bumi & bangunan serta NJOP/ mtr untuk tahun 2011. mohon dikirim via email wisnu_email@yahoo.com. Terimakasih
rasta mengatakan…
selamat malam pak.....mau nanya apakah bisa mengetahui nama dan pemilik rumah...hanya mengetahui dari no sppt saja....terima kasih sebelumnya...
Anonim mengatakan…
Selamat malam Pak< tolong di info apakah ada tunggakan pd NOP 35.01.030.001.029-0013.01 a/n Surti CS. Lalu bagaimana mengecek SPPT PBB tersebut adalah surat PBB yg bersangkutan dgn sertifikat tanahnya?
Tolong email saya di bmwulur@yahoo.co.id
Terima kasih.
Princes Athena mengatakan…
halo pak Raden, bisa minta tolong di check untuk tagihan sppt no. NOP 32.09.100.099.000.227. atas nama siapa ? tunggakannya berapa, dan alamat lokasi objectnya dimana ?
karna itu tanah pembelian almarhum bapak saya dan sedang diurus oleh keluarga saya namun minim informasi karna tidak lama setelah pembelian tnah tersebut, almarhum bapak saya meninggal dan belum sempat di informasikan ke pihak keluarga saya
terima kasih
Anonim mengatakan…
malam pak raden...minta tolong di cek SPPT dengan nomor 32.19.040.014.009-0184.0
Anonim mengatakan…
Kok jadi kayak loket pelayanan di KPP ya pak Raden...
Anonim mengatakan…
Selamat siang Pak...mohon maaf sebelumnya.saya mau minta tolong ke Bapak.Saya kehilangan bukti lunas pembayaran PBB saya.apakah bisa bantu saya untuk mengecek PBB nya,karena ada yang mau membeli tanah dan mau AJB.NOPnya 32.73.220.004.010.0267.0.mohon bantuannya...
email sj ke dwas354@gmail.com.terimakasih
Tanto supartono mengatakan…
permisi pak raden saya ingin menanyakan status tanah ibu saya dengan nomor sppt 32.03.100.017.000-002.7 beberapa tahun kebelakang atas bantuannnya saya ucapkan banyak terimakasih
Email saya : tanto.supartono@gmail.com
Anonim mengatakan…
pak, kalo sy blm bikin pbb gmn caranya?sedangkan sy sdh pindah dari daerah tsbt.. bisa g sih bikin pbb online? ajb nop 327700600301202260, mhn email ke dian.indrayanto@gmail.com, terimakasih pak.. ditunggu...
Anonim mengatakan…
sekedar saran pak gimana kalau bukti pembyaran PBB yang sudah lunas bisa di cek secara Online bukan Hanya DJP saja yg bisa mengecek
Wing Avianto mengatakan…
email saya: wingavianto@gmail.com
NOP yang akan saya bayarkan tidak cocok dengan nama wajib pajak dan alamat. Mungkin perubahan tsb disebabkan pemekaran wilayah kelurahan. Apakah bisa NOP yang berubah tsb dicari berdasarkan nama wajib pajak?
Joko Arngabet mengatakan…
maaf pak kalau struk hilang, apakah print koran bisa sebagai bukti pembayaran yang sah ?
trima kasih pak
Anonim mengatakan…
NOP . 35.25.060.021.014-0055.0 A/n: HARUN ALROSYID

apakah bisa saya bayar dari Pasuruan , melalui BRI, Bank Jatim? dan minta bukti pelunasan dari kantor pajak pratama Pasuruan. Untuk tahun 2012 dan apa bisa minta rekaman PBB mulai th 2008 s/d 2012 ini.
makasih pak.

Harun
email : harunal@yahoo.com
ym : snafucomputer
hp: 08127874711
Anonim mengatakan…
Salam kenal Pak Raden, minta tolong untuk cek PBB saya 5 tahun terakhir.
NOP: 21.03.062.002.004-0096.0

Mohon dikirim via Email: ali_fatkhuri@yahoo.com

Terima kasih banyak Pak.
Galvin mengatakan…
Salam kenal pak R@den, NOP saya <32.03.160.006.011-03480> bagaimana caranya agar nama di SPPT berubah menjadi nama saya..! krn saat ini msh atas nama develover pengembang rmh saya, sy membeli rmh lewat kpr dan msh 7 thn lagi baru lunas, dan dokumen apa saja yg harus sy lengkapi, dan berapa biayanya, tks
Galvin mengatakan…
Salam kenal pak R@den, NOP saya <32.03.160.006.011-03480> bagaimana caranya agar nama di SPPT berubah menjadi nama saya..! krn saat ini msh atas nama develover pengembang rmh saya, sy membeli rmh lewat kpr dan msh 7 thn lagi baru lunas, dan dokumen apa saja yg harus sy lengkapi, dan berapa biayanya, tks
Galvin mengatakan…
Salam Kenal Pak R@den, NOP saya <32.03.160.006.011-03480>, msh atas nama Developer krn rmh sy beli lewat kpr, apakah bisa jika di rubah menjadi atas nama saya?, dan dokumen apa saja yg harus saya lengkapi, apakah bisa di proses di seluruh KPP Pratama di indonesia, dan brp biaya nya, Tks
Anonim mengatakan…
pak raden,

jika sudah melakukan pembayaran melalui teller bank, dalam hal ini bank BNI, apakah bisa minta bukti pembayaran pajak yg warna merah ke KPP pajak, letak objek pajak di depok dan KPP pajak di jakarta.

terima kasih dan salam kenal pak..
Raden Agus Suparman mengatakan…
Semua pelayanan di KPP Pratama bebas biaya. Bahkan jika ada yang meminta biaya, itu dipastikan penyalahgunaan wewenang. Silakan adukan via email ke pengaduan@pajak.go.id

Perubahan data SPPT PBB dapat dilakukan dengan menyampaikan SPOP (surat pemberitahuan objek pajak) dengan dilampirkan bukti-bukti kepemilikan atas objek pajak tsb. Jadi jangan kebalik ya bahwa SPPT itu bukan bukti atau dokumen kepemilikan. Silakan datang ke KPP Pratama. Jika tidak berkenan dengan pelayanan pegawai KPP, silakan kirim email juga untuk DJP yang lebih baik!
Raden Agus Suparman mengatakan…
bukti pembayaran tidak dapat diperoleh dari KPP. tetapi jika sudah bayar, pasti aman dah :-)
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, minta tolong untuk cek PBB saya
NOP: 35. 15. 170 012. 004-0003. 0 dan
35. 15. 170 012. 004-0146. 0

Kholili
Email : mohcholili@yahoo.co.id
pashaxand mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, minta tolong untuk cek PBB saya juga:
NOP: 317403000701702040
alamat email: alexander.pasha@gmail.com

Terima kasih.
Wassallam.
pashaxand mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, minta tolong untuk cek PBB saya juga pak.
NOP: 317403000701702040
alamat email: alexander.pasha@gmail.com

terima kasih.
Wassallam.
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum pak Raden. saya ingin mengecek No NOP PBB rumah saya. Soalnya kemarin saya coba input No NOP PBB tahun 2011 yaitu : 32.78.009.011.018-1293.0 sudah tidak valid, saya curiga bahwa no NOP saya sudah ganti dikarenakan di alamat saya di Permata Depok Regency Cluster Jade Blok E 26 no 8 Rt 04 Rw 011 Cipayung Depok. Soalnya dulu kecamatan saya adalah Pancoran Mas, kemudian mekar menjadi Cipayung. Pak Raden mohon bantuaanya mencari No NOP PBB saya yang baru a/n Deki Ari Saputra. Terima Kasih pak.
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum pak Raden. saya ingin mengecek No NOP PBB rumah saya. Soalnya kemarin saya coba input No NOP PBB tahun 2011 yaitu : 32.78.009.011.018-1293.0 sudah tidak valid, saya curiga bahwa no NOP saya sudah ganti dikarenakan di alamat saya di Permata Depok Regency Cluster Jade Blok E 26 no 8 Rt 04 Rw 011 Cipayung Depok. Soalnya dulu kecamatan saya adalah Pancoran Mas, kemudian mekar menjadi Cipayung. Pak Raden mohon bantuaanya mencari No NOP PBB saya yang baru a/n Deki Ari Saputra. Terima Kasih pak.
Deki mengatakan…
Assalamualaikum
Pak raden, saya minta tlg di check ini no pbb saya a/n Deki Ari Saputra (no NOP PBB tahun 2011 : 32.78.009.011.018-1293.0 dan di tahun 2012 ini no itu sudah tidak berlaku dikarenakan kecamatan saya yg lama terjadi pemekaran dari pancoran mas ke cipayung. Alamat wajib Pajak : Permata Depok Regency Jade E26/08 Rt 04/11 Cipayung Depok Jawa Barat

Mohon Info No NOP PBB tahun 2012 ini pak

Terima Kasih
Deki mengatakan…
Assalamualaikum
Pak raden, saya minta tlg di check ini no pbb saya a/n Deki Ari Saputra (no NOP PBB tahun 2011 : 32.78.009.011.018-1293.0 dan di tahun 2012 ini no itu sudah tidak berlaku dikarenakan kecamatan saya yg lama terjadi pemekaran dari pancoran mas ke cipayung. Alamat wajib Pajak : Permata Depok Regency Jade E26/08 Rt 04/11 Cipayung Depok Jawa Barat

Mohon Info No NOP PBB tahun 2012 ini pak

Terima Kasih
Unknown mengatakan…
assalamualaikum, salam kenal pa raden, minta tolong di cek PBB saya dengan NOP 320317002100200030 dari tahun 2002 s/d 2011 soalny saya selalu byar ke petugas desa. Takut ga sampe. Trims tlong di kirim ke email defry.gaza@gmail.com
wassallam.
Unknown mengatakan…
assalamualaikum, salam kenal pa raden, minta tolong di cek PBB saya dengan NOP 320317002100200030 dari tahun 2002 s/d 2011 soalny saya selalu byar ke petugas desa. Takut ga sampe. Trims tlong di kirim ke email defry.gaza@gmail.com
wassallam.
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, boleh minta tolong untuk cek kan PBB saya tahun 2011 dan 2012:
NOP: 317401100402600370
NOP: 317401100402101790
NOP: 317401000202400140
alamat email: tigerdinata@yahoo.co.id
trimakasih banyak sebelumnya
wassalam
Anonim mengatakan…
permisi pak,
mohon dicek kan nop :321802200101102750
email : martintheodore@ymail.com

terima kasih sebelumnya,

Martin.
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, minta tolong cek PBB saya pak (apakah ada tunggakan? dan berapa saya harus bayar?).
NOP: 357806000401300120
alamat email: adyruwadi@yahoo.com

terima kasih.
Wassallam.
Billah mengatakan…
Assalamu'alaikum pak Raden, mau minta tolong untuk check PBB sy, untuk tahun 2009 - 2011 tidak ada.
NOP : 320626000300500670
alamat email : abil.kamila@gmail.com

terima kasih
Wassalam
Billah mengatakan…
assalamu'alaikum Pak Raden, mau minta tolong, untuk check PBB saya. untuk tahun 2009 - 2011 tidak ada.
NOP : 320626000300500670
ALAMAT email : abil.kamila@gmail.com

terima kasih
wassalam
Billah
Billah mengatakan…
salam kenal Pak Raden, mau minta tolong untuk check PBB,
NOP : 320626000300500670
Untuk tahun 2009 s/d 2012 tidak ada datanya, mohon informasinya

alamat email : abil.kamila@gmail.com
terima kasih
pram mengatakan…
Salam kenal Pak Raden, mau minta tolong untuk check PBB, NOP: 3203191012001510 untuk tahun 2011 bisa dibayar lewat bca sedangkan tahun 2012 ini tidak ada datanya, mohon informasinya.

alamat email : pramudya@centrin.net.id
terima kasih pak atas bantuannya.
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak Raden, minta tolong cek PBB saya pak soalnya saya baru beli enam bulan yang lalu (apakah ada tunggakan? dan berapa saya harus bayar?).
NOP: 33.24.130.010.008.0356.0 dan 33.24.130.010.008.0357.0
alamat email: c0_lucky_aja@yahoo.com
yanto mengatakan…
subiyanto
Pak Raden Minta tolong ckeck status PPB saya apa sudah bayar apa belum NOP 337407000700102260 dan 337412001300701070
Anonim mengatakan…
bersyukur sekali bisa mendapat info penting dari bapak, bagaimana ya pak cara untuk mendapatkan bukti pembayaran PBB yang sudah kami bayar di tahun-tahun sebelumnya sebab saya kehilangan berkas bukti pembayaran PBB saya, saya biasa membayarkan via teller bank. untuk tahun 2012 ini SPPT PBB sudah kami terima, mohon bantu di cek pak raden untuk periode 2001-2010
NOP: 31.72.021.001.006-0053.0
DJP wilayah Jakarta Timur

email: bear_wanks@yahoo.com

Mohon bantuannya ya pak..terima kasih sebelumnya.
adi nugroho mengatakan…
Baru 2bln ini saya beli rmh second, dan kemudian RT saya mengantarkan tagihan PBB thn 2012, ketika saya mau bayar lewat ATM mandiri tp ternyata koq tertera sudah dibayar,saya coba cek mundur thn 2011 tidak ada datanya..Bisa tolong cek pak untuk PBB NOP nya: 321802200603800890 an Dortje Bulo
apakah benar sudah dibayar/ada tunggakan lain di tahun2 sblumnya..?
tolong krim ke email saya : adi_nugrohobyra3@yahoo.co.id

Terima kasih byk pa..
ratna yani mengatakan…
pak raden minta tolong cek pbb saya.

NOP:3372030007002-0001.0 brapa PBB yg harus saya bayar untuk tahun 2012?
rizal balikpapan mengatakan…
Pak raden. Saya brdomisili di balikpapan kaltim. tnda terima byar PBB thn 2009 dn 2010 hilang. Saya dpt info dr kring pajak bhwa saya bisa dpt surat keterangan bayar pajak. Saya dtg ke dispenda utk bayar thn 2012 sekalian mnta surat kterangan utk 2thn sblmnya. Tp dispenda tdk bisa mngluarkan surat trsbt krena mereka hanya punya data dari thn 2012 saja. Saya dsarankan ke kntor pajak. Setiba disana prmintaan saya ditolak krn petugas pajak mnyatakan bahwa sudah tdk menangani PBB dn sdh dialihkan semua ke dispenda. Bingung... (mncoba utk tdk kecewa). Hrp pencerahannya pak
intan mengatakan…
ass,
karena suatu hal kami tidak menerima sppt dari tahun 2005,kemana harus meminta spptnya pak,dan kemana mencari info berapa besar pajak yg harus dibayar,domisili kami di bandung,sedangkan rumah yg mau diurus pajaknya diwilayah bogor,bisakah diurus dibandung saja,dan kemana?
terima kasih sebelumnya
Efi Sulaiman mengatakan…
Pak raden.. Klo bukti" pembayaran PBB hilang memang gak bisa dilihat didata Kantor Pajaknya yah pa? itu sudah terbayar atau belumnya. Klo ada data kan mungkin bisa dicetak lagi dari pembayaran"an yg sudah".
alamat email : v_sulaiman@yahoo.com
Efi Sulaiman mengatakan…
Pak raden.. Klo bukti" pembayaran PBB hilang memang gak bisa dilihat didata Kantor Pajaknya yah pa? itu sudah terbayar atau belumnya. Klo ada data kan mungkin bisa dicetak lagi dari pembayaran"an yg sudah".
alamat email : v_sulaiman@yahoo.com
Efi Sulaiman mengatakan…
Pak raden.. Klo bukti" pembayaran PBB hilang memang gak bisa dilihat didata Kantor Pajaknya yah pa? itu sudah terbayar atau belumnya. Klo ada data kan mungkin bisa dicetak lagi dari pembayaran"an yg sudah".
alamat email : v_sulaiman@yahoo.com
Anonim mengatakan…
Yth Pak Raden, pak setiap tahun saya selalu bayar pbb via klikbca, jadi tidak perlu ketik no.pbb karena sudah pernah bayar sebelumnya dan berhasil, thn lalu 2011 juga berhasil bayar via klikbca, tapi mulai bulan januari s/d saat ini 26-juli-2012 setiap kali saya coba bayar pbb via klikbca kok tidak bisa, jawabannya nomor tidak terdaftar, bahkan juga saya coba via ATM hari juga sama, seolah nomor tidak terdaftar. Mohon bantuan bapak. Berikut adalah no.pbb saya:
327800300800700310
berikut email saya: ghokhil@yahoo.com
Terimakasih atas bantuan yang akan diberikan.
Anonim mengatakan…
Yth Pak Raden, pak setiap tahun saya selalu bayar pbb via klikbca, jadi tidak perlu ketik no.pbb karena sudah pernah bayar sebelumnya dan berhasil, thn lalu 2011 juga berhasil bayar via klikbca, tapi mulai bulan januari s/d saat ini 26-juli-2012 setiap kali saya coba bayar pbb via klikbca kok tidak bisa, jawabannya nomor tidak terdaftar, bahkan juga saya coba via ATM hari juga sama, seolah nomor tidak terdaftar. Mohon bantuan bapak. Berikut adalah no.pbb saya:
327800300800700310
berikut email saya: ghokhil@yahoo.com
Terimakasih atas bantuan yang akan diberikan.
Jaka
:P mengatakan…
Yth Bpk. Raden, Pak saya ini baru punya rumah di cerme gresik dan baru bayar PBB 1x dan sekarang bukti pembayaran itu hilang, apa yg harus saya lakukan untuk bisa membayar yg tahun ini ?
nama Saya Sapto Nurcahyo d/a Bhummi Cermai apsari Blok GG no.12 Cerme Gresik ( ini masih perumahan dan kondisi kredit ).
Mohon bantuan Bapak Raden,
Email saya solomurni.sby@gmail.com

Terima kasih untuk bantuan yang akan diberikan.

Salam,
Sapto
:P mengatakan…
Yth Bpk. Raden, Pak saya ini baru punya rumah di cerme gresik dan baru bayar PBB 1x dan sekarang bukti pembayaran itu hilang, apa yg harus saya lakukan untuk bisa membayar yg tahun ini ?
nama Saya Sapto Nurcahyo d/a Bhummi Cermai apsari Blok GG no.12 Cerme Gresik ( ini masih perumahan dan kondisi kredit ).
Mohon bantuan Bapak Raden,
Email saya solomurni.sby@gmail.com

Terima kasih untuk bantuan yang akan diberikan.

Salam,
Sapto
Sapto mengatakan…
Yth Pak Raden, Pak saya baru punya rumah di perumahan dengan kredit dan baru bayar PBB 1x,
sekarang Tanda Buktinya hilang dan saya mau bayar yg sekarang gk bisa krn petugasnya
minta tanda bukti nya yg lalu, bagaimana ya Pak ?
berikut email saya: solomurni.sby@gmail.com
Terimakasih atas bantuan yang akan diberikan.
Sapto
Rumah mengatakan…
salam pak Raden.

Mohon bantuannya kl boleh untuk dicek-in SPPT PBB rmh NOP: 367571000800700070..,
karena smpe skrg sy blm terima SPPT-nya. smentara dari RT blg kl SPPT itu tidak ada.
tetapi sdh sy byr lunas via ATM BCA.

saya ingin mengetahui NJOP tanah dan bangunannya. Sekaligus tanya, kl mw dpt SPPT-nya dmana ya kira2? apakah bs online?
Rumah mengatakan…
oya pak, email saya *komen yg soal SPPT untuk NJOP tanah dan bangunan NOP 367571000800700070 adalah aang2be@gmail.com dan aan_rea@yahoo.com terimakasih
1 – 200 dari 324 Lebih baru Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk dan Contoh PPh Pasal 21

Kartu NPWP Baru