djponline yang katanya sering maintenance

Beberapa error di djponline
Setiap Wajib Pajak yang datang ke meja saya, selau saya promokan laman djponline. Apa dan bagaimana djponline. Karena nantinya djponline akan jadi pintu gerbang andalan Wajib Pajak dan DJP. Dari sekian tamu yang datang, salah seorang tamu bertanya, "DJP itu apa pak?" Saya ketawa karena orang yang sering datang ke kantor pajak pun tidak tahu kepanjangan dari DJP. Saya bilang, "Direktorat Jenderal Pajak".  Mungkin orang tersebut tahunya kantor pajak heheheh.


Nah, laman djponline.pajak.go.id tahun 2016 akan menjadi sangat ramai. Pertama, karena Wajib Pajak Orang Pribadi didorong untuk melaporkan SPT Tahunan melalui laman ini. Apalagi sudah pernah efiling sebelumnya. Kedua  Wajib Pajak yang sudah memiliki sertifikat efaktur, wajib lapor SPT Tahunan melalui laman ini. Kalau masih pakai SPT manual, sistem akan menolak. Tidak keluar tanda terima.

Pasal 4 Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-3/PJ/2015 mengatur:
Wajib Pajak harus menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk dokumen elektronik, dalam hal memenuhi kriteria sebagai berikut:
a. Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21 dalam bentuk dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
 

b. Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai dalam bentuk  dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
 

c. Wajib Pajak yang sudah pernah menyampaikan SPT Elektronik; atau
 

d. Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya, Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus dan Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar. 

Belum lagi yang akan membuat ebilling. DJPonline selain tempat lapor pajak, juga tempat membuat kode billing. Jadi jika wajib pajak akan setor pajak, dia buat dulu kode billing kemudian cetak. Nah, berdasarkan id billing tersebut bank atau Pos kemudian membukukan dan menerima setoran pajak.

Karena ramainya, kemudian masalah timbul. Sering down. Bahkan di twitter DJP sudah mengakui dan meminta maaf atas masalah ini.
Tweet DJP pada tanggal 1 Maret 2016 pagi
Nah, supaya tidak langsung memvonis server lagi down, silakan perhatikan kode error yang muncul di djponline. Dan temukan solusinya.

  • Kode Error SO001 NPWP Tidak Ditemukan. Penyebab: NPWP Tidak Terdaftar di Master File WP atau WebServer Service Master File “Out Of Service”. Solusi: Registrasi WP atau Menunggu dan mencoba untuk  ulangi kembali. Untuk NPWP tidak terdaftar, seharusnya WP sendiri yang lebih tahu.
  • Kode Error SO002 Data Pengguna Tidak Ditemukan. Penyebab: Wajib Pajak Belum Terdaftar di DJP Online. Solusi: Registrasi DJP Online
  • Kode Error SO003 Password Tidak Sesuai. Solusi: Ingat-ingat kembali password
  • Kode Error SO004 Pengguna Belum Aktif. Solusi: Aktivasi dulu link dari email
  • Kode Error SO005 Email Sudah Digunakan. Penyebab: Proses login dari User SSE yg dimigrasikan. Solusi: Wajib pajak melakukan reset password sekaligus dengan mengubah email
  • Kode Error SO006 Kegagalan Autentikasi
  • Kode Error SO007 Invalid Credential. Penyebab: NPWP tidak lengkap atau password tidak diisi. Solusi: Lengkapi isian NPWP (15 digit angka saja) Lengkapi isian password
  • Kode Error REG001 NPWP Tidak Terdaftar. Penyebab: NPWP Tidak Terdaftar di Master File WP atau WebServer Service Master File “Out Of Service”. Solusi: Registrasi WP atau Menunggu dan mencoba untuk  ulangi kembali
  • Kode Error REG002 NPWP Non Efektif. Solusi: Aktifkan kembali NPWP ke KPP
  • Kode Error REG003 NPWP DE. NPWP sudah dihapus.
  • Kode Error REG005 EFIN Tidak Ditemukan. Penyebab: WP belum memiliki EFIN. Solusi: Daftar EFIN ke KPP
  • Kode Error REG006 EFIN belum diaktivasi. Penyebab: EFIN Blast belum diaktifkan. Solusi: Aktivasi EFIN dengan aplikasi EFIN
  • Kode Error REG029 Aktivasi Tidak Berhasil.  Penyebab: Kegagalan pendaftaran MPN Biller. Solusi: Informasikan ke call center 1500200
  • Kode Error REG029A Aktivasi Tidak Berhasil. Penyebab: Kegagalan Membuat Koneksi ke MPN Biller. Solusi: Informasikan ke call center 1500200

Ternyata solusi jitu itu call center 1500200 alias Kring Pajak. 

Call center juga ada akun twitternya di @kring_pajak
Silakan di follow!


Oh ya, EFIN adalah kunci reset.  Apa yang direset:
1. lupa password efiling;
2. lupa email untuk efiling;
3. email efiling sudah tidak aktif lagi

Dengan EFIN kita bisa klik "Lupa Password" kemudian direset lagi. Dan ikuti langkah selanjutnya. 

Tetapi jika lupa EFIN, silakan datang ke kantor pajak untuk cetak ulang EFIN.
Petugas EFIN ada di seksi Pelayanan.
   

Komentar

Anonim mengatakan…
sudah reset password dan email tapi ga bisa masuk juga, ERR_TO_MANY_DIRECT tulisannya
Unknown mengatakan…
nah kalo ini nampaknya yang error servernya :(
Unknown mengatakan…
coba lagi di waktu senggang
Unknown mengatakan…
Pengalaman selama ini, pada jam istirahat siang dan setelah jam 17.00 efiling selalu lancar.
Unknown mengatakan…
sudah isi formulir SPT, tapi pas isi formulir SPT 1770 S
selalu keluar " 404 Maaf "
Unknown mengatakan…
mohon maaf, mau tanya saya kan sudah punya e-fin tapi lupa pasword dan saya sudah riset lupa pasword pas saya submit ada pemberitahuan efin tidak ditemukan,, mohon bimbingannya,, terimakasih
Unknown mengatakan…
Pak Raden,masalah saya setelah terdaftar,untuk aktivasi link yg tidak bisa.walaupun sudah berulang kali saya coba mengirim ulang link aktivasi. Tetapi tetap gagal. Mohon pencerahan nya. Thanks
Unknown mengatakan…
Pak Raden,masalah saya setelah terdaftar,untuk aktivasi link yg tidak bisa.walaupun sudah berulang kali saya coba mengirim ulang link aktivasi. Tetapi tetap gagal. Mohon pencerahan nya. Thanks
Unknown mengatakan…
Setelah registrasi berhasil, tetapi utk aktivasi link selalu gagal. Mohon pencerahannya. Thanks Pak Raden.
diki mengatakan…
mas mau tanya itu call centernya yg 1500200 bayar mas ato gratis
Unknown mengatakan…
Sigit Pak Raden Agus Suparman

Untuk aktifasi EFIN, di website nya kita harus isi formulir dulu y? tidak ada form isian online.

Lalu jika sudah ada hardcopy nya langkah selanjutnya apa y pa?

Terimakasih
Unknown mengatakan…
salah pilih 1770 S seharusnya saya pilih SPT 1770 SS
apa solusinya pak?
selalu keluar
"Kode Pembetulan sudah digunakan untuk jenis formulir SPT yang lain"
ketika saya mengerjakan e-filing trus mengisi formulir di SPT 1770 SS selalu sepeeti itu mohon pencerahannya pak?
Unknown mengatakan…
salah pilih 1770 S seharusnya saya pilih SPT 1770 SS
apa solusinya pak?
selalu keluar
"Kode Pembetulan sudah digunakan untuk jenis formulir SPT yang lain"
ketika saya mengerjakan e-filing trus mengisi formulir di SPT 1770 SS selalu sepeeti itu mohon pencerahannya pak?
Blog Kisah Mistis mengatakan…
kalo NAN itu apa yaaa?? mau daftar tapi ada kesaalhan
Unknown mengatakan…
mohon maaf saya juga tidak tahu
Unknown mengatakan…
kalau SPT sudah dikirim dan ada tanda terima, anggap saja sudah benar.

Unknown mengatakan…
EFIN hanya bisa di kantor pajak
lewat saya juga bisa
silakan kirim data no NPWP, NIK, hp ke email saya
Unknown mengatakan…
gagal gimana ya?
ada pesan yang muncul?
Unknown mengatakan…
tidak bisa maksudnya tidak terkirim?
Unknown mengatakan…
silakan tayang NPWP nanti saya cek efin-nya
Unknown mengatakan…
wah itu mah penyakit massal :D
silakan coba di waktu yang lebih sepi
Unknown mengatakan…
mungkin dicoba lagi sekarang
sekarang ada menu "belum menerima link aktivasi"
Unknown mengatakan…
Saya mau melaporkan SPT Tahunan lewat efilling, tetapi ketika hendak login terdapat pesan kesalah REG003 NPWP dalam kategori non aktif. Padahal tahun lalu saya bisa lapor online tanpa kendala. Solusinya bagaimana. Apakah saya harus mengaktifkan lagi NPWP saya ke kpp terdaftar? atau boleh KPP lain?
Unknown mengatakan…
Saya mau melaporkan SPT Tahunan lewat efilling, tetapi ketika hendak login terdapat pesan kesalah REG003 NPWP dalam kategori non aktif. Padahal tahun lalu saya bisa lapor online tanpa kendala. Solusinya bagaimana. Apakah saya harus mengaktifkan lagi NPWP saya ke kpp terdaftar? atau boleh KPP lain?
Unknown mengatakan…
NAN itu biasanya data ada yang kurang atau salah diisi pak. jadi sebelum itu diubah, data yang ada tidak dapat tersimpan krn dianggap masih belum tepat. monggo diliat yg tulisan NAN ada dikolom apa pak. berarti itu yg hrs diubah. :)
Anonim mengatakan…
pak, mau nanya saya tahun tadi sudah bikin spt dan sudah berhasil dikirim (ada email konfirmasinya). Tahun ini saya mau buat lagi tapi gak bisa login. selalu muncul pesan "SO001-NPWP Tidak Ditemukan". saya sudah coba beberapa kali selama beberapa hari kadang pas pagi, siang bahkan tengah malam tapi sama saja. beberapa teman saya juga mengalami hal yang sama walau ada juga yg bisa login. tolong solusinya, pak. terima kasih
Anonim mengatakan…
Kalau untuk mendapatkan EFIN apakah harus datang ke KPP ya pak, tidak bisa online atau di wakilkan... Mohon pencerahannya pak... Thanks
Unknown mengatakan…
bisa lewat email saya.
data yang wajib ada NPWP, no KTP dan no HP

silakan kirim ke raden titik suparman at pajak titik go titik id
Unknown mengatakan…
mungkin NPWP
bisa dicek di master file

silakan kirim ke email saya
nanti saya cek ke master file
Unknown mengatakan…
silakan aktifkan.
postingan terakhir saya tentang NPWP NE seperti ini
Unknown mengatakan…
terima kasih meita :D
Unknown mengatakan…
raden titik suparman at pajak titik go titik id
Unknown mengatakan…
saat registrasi DJP Online, saya sudah ketik nomor NPWP, nomor EFIN dan kode keamanan pas di klik verifikasi selalu muncul pesan kesalahan:REG008, Mohon pencerahannya pak.THANKS.
Unknown mengatakan…
Jika yg muncul so006 kegagalan autentifikasi bagaimana penyelesaiannya ya pak? Terima kasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
mungkin salah kode keamanan atau salah password.
lebih pastinya pake saja menu lupa password kemudian buat password yang baru atau pass lama dimasukkan lagi :D
Unknown mengatakan…
baiknya di cek dulu NPWP-nya
mungkin NE
kalau ga ada masalah baru coba lagi.

ngecek NPWP boleh lewat email saya juga
Unknown mengatakan…
oooo di jam pocong jam malam ya pak
Anonim mengatakan…
bagaiman solusinya EFIN TIDAK SESUAI
Anonim mengatakan…
bagaimana solusinya EFIN TIDAK SESUAI trima kasih pencerahannya.
Anonim mengatakan…
bagaimana solusinya EFIN TIDAK SESUAI ? mohon pencerahanya MKsih.
Unknown mengatakan…
pak raden punya saya kok efin nya tidak terdaftar ya pak
Unknown mengatakan…
saya tidak bisa daftar efin. karena npwp nya tidak terdaftar itu bagaimana ya pak?
Unknown mengatakan…
Pak, tadi pagi saya sudah bisa log in ke DJP Online dan sudah input SPT tapi tiba2 komputer hang. Saya coba lagi siang ini, kok tiba2 tidak bisa log in, malah keluar pesan error SO001 NPWP tidak ditemukan. Gimana solusinya ya Pak? Tapi memang tadi sekitar jam 12.30an saya coba masuk ke DJP Online tidak bisa sama sekali. Terima kasih
Satria mengatakan…
saya mau buat billing pajak setiap log in selalu keluar Pesan Kesalahan:SO001-NPWP Tidak Ditemukan, padahal tadi pagi saya berhasil dan sebelumnya berhasil buat billing untuk bayar pajak mohon petunjuk supaya sy bisa bayar pajak. Terima Kasih
Satria mengatakan…
Saya mau buat Billing Pajak setiap log in selalu Pesan Kesalahan:SO001-NPWP Tidak Ditemukan padahal baru tadi pagi saya bisa log in dan buatkan billing pajak kenapa siang dan menjelang sore ini selalu pesan seperti diatas mohon penjelasan supaya saya bisa buatkan billing pajak sesuai waktu. terima kasih
kokoko mengatakan…
Saya sudah isi SPT saya tp karena loading terus, saya refresh setelah itu harus login kembali. Saat saya login muncul "Pesan Kesalahan:SO001-NPWP Tidak Ditemukan" itu bagaimana ya pak? terima kasih
Anonim mengatakan…
Hi Pak Raden,

Saya 30 menit lalu bisa login menggunakan NPWP ke https://djponline.pajak.go.id/account/login

Tapi sekarang gak bisa, error-nya "SO001-NPWP Tidak Ditemukan"

Seperti ada yang sudah posting di atas.

Bagaimana solusinya Pak ?
Apa saya infokan NPWP saya ke Bapak ?

Boleh infokan email nya Pak ?

Adi mengatakan…
Saya sdh menggunakan efilling sejak spt 2013. Kemarin saya masih bisa buka dan lihat spt tahun lalu. Tapi hari ini dari pagi gagal login terus. keluar catatan : Pesan Kesalahan:SO001-NPWP Tidak Ditemukan.
Mohon pencerahannya pak. terima kasih...salam
Anonim mengatakan…
"Kode Error SO001 NPWP Tidak Ditemukan."
"Untuk NPWP tidak terdaftar, seharusnya WP sendiri yang lebih tahu?" Hahaha, saya sudah 3 tahun ini laporan pajak secara online (termasuk untuk pajak tahun 2015). Tanggal 19 Januari 2016 sudah berhasil laporan, namun hari ini coba login lagi, namun terdapat pesan kesalahan itu. Lucu. Mudah2an NPWP saya tidak "diubah" sendiri oleh dirjen pajak, seperti kasus beberapa rekan kerja yang lain. SMH.
Mbilung mengatakan…
mohon tanya pak klo udah dapat kode efin tapi pas mau di aktivasi gak bisa muncul pesan eror..gitu penyelesaianya gimana terima kasih
Unknown mengatakan…
Apakah klau NPWP non efektif kita harus lapor ke kantor pajak
Waktu sosialisasi katanya d suruh tggu bsok ternyata masih juga bgtu hasilnya
Pencerahannya ya
Unknown mengatakan…
Saya masukkan efin untuk aktivasi selalu gagal ada keterangan npwp tidak terdaftar..kmrn ke kpp juga sempat masalah waktu minta efin disana npwp saya infonya tidak terdaftar and dibantu di urus di kantor pusat..stlh itu dpt efin tapi tetep tidak terdaftar sya coba berulang kali...kira2 masalahnya dimana ya pak karena npwp ini sdh saya miliki dari tahun 2005
abox microphone mengatakan…
Assalamualaikum. permisi mau tanya. pada saat melakukan pengisian data formulir pada e-filling. kenapa selalu muncul ini kolom info yang isinya Kode Pembetulan sudah digunakan untuk jenis formulir SPT yang lain. jadi saya harus gimana supaya bisa dilanjutkan proses nya. terimakasih
Unknown mengatakan…
mas raden,

mohon infonya, saya sudah terdaftar di efilling pada tahun 2014, hari ini ketika saya mau login kembali kenapa keluar pesan error Pesan Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi ya?, kalau saya mau reset password apakah saya harus datang lagi ke kpp?

terima kasih
Anonim mengatakan…
Pak Raden,
saya sudah daftar tapi tidak ada respon ke email lagi. (status pendaftaran : TERKIRIM) bagaimana untuk aktivasi online filling?
Muhammad Aminudin mengatakan…
pak raden mau tanya apakah kode efin bisa di berikan apabila NPWP sudah tidak aktif lagi terimakasih
Bensor mengatakan…
sama kasusnya.. Ada yg tau soluisix g?
Unknown mengatakan…
Saya terdaftar dan sudah berhasil lapor pajak online tahun 2015, tapi tahun ini sejak awal bulan sampai kemarin ketika login selalu keluar : "Pesan Kesalahan SO001-NPWP Tidak Ditemukan", jika membaca artikel diatas dikarenakan Web Server out of Service. Bagaimana solusinya untuk laporan tahun ini, saya mencoba komunikasi ke Call Center selalu sibuk, dan akhirnya saya coba ke KPP terdekat tapi jawabannya harus diaktifkan lagi di KPP pembuat, dimana saat ini saya sedang sibuk di kota lain dan sampai akhir bulan bisa untuk ke KPP kota asal saya. Untuk masalah diatas apakah ada masukan?
Anonim mengatakan…
pak Raden, saya juga mengalami masalah yang sama, untuk nomor NPWP dan bukti penerimaan elektronik laporan SPT sebelumnya sudah saya kirim ke email ya pak. Thanks
Unknown mengatakan…
sesuaikan lah.
saya belum pernah menemukan error "efin tidak sesuai" padahal tiap hari di tenda ngisi efiling buat yang lapor
Unknown mengatakan…
biasanya SO001 NPWP muncul saat sibuk.
Unknown mengatakan…
manual pake POS saja
Unknown mengatakan…
NPWP tidak bisa diubah.
sekali terdaftar, NPWP akan muncul terus
status NPWP bisa dilihat walaupun statusnya DELETE
Unknown mengatakan…
coba lagi sebelum jam kerja
Unknown mengatakan…
banyak yang sudah efiling ternyata setelah dicek 2016 statusnya NE. silakan dicek ulang
Unknown mengatakan…
wa alaikum salaam. biasanya salah pilih form
Unknown mengatakan…
reset password di menu lupa password
tapi harus siapkan efin ya
Unknown mengatakan…
sementara lapor manual dulu
dikirim via POS

banyak ditemukan sebelumnya sudah efiling tahun 2016 ini ternyata status NE
saya sendiri tidak tahu kenapa
padahal tiap tahun lapor
harusnya tidak NE

nanti dengan lapor manual, status NE akan dihilangkan supaya bisa diinput tanda terima
Unknown mengatakan…
tidak bisa
harus diaktifkan dulu
Unknown mengatakan…
asalamualaikum...
sya mau tnya mas. wktu mau daftar tp di keterangan muncul kode 'REG003 NPWP dalam katagori non aktif'
solusi nya apa ya mas
trima kasih sebelumnya
adi06 mengatakan…
Pa Raden Agus Suparman, mau nanya, saya sudah dapat nomor efin lewat email. tetapi tidak bisa dipakai untuk regristasi, dengan eror : REG006 EFIN belum diaktivasi. apa yang harus saya lakukan? mohon penjelasannya! apakah bisa efin diaktivkan lwt online ataukah harus ke kantor pajak
Unknown mengatakan…
pak Raden, ini persis dengan yang saya alami. saya sudah kirim email ke Anda. mohon bantuannya ya. terima kasih
Unknown mengatakan…
pa raden saya sudah mengirim spt saya tapi tidak ada tanda terima ke email saya, cuma ada verifikasi aja. jika saya kirim ulang tidak bisa keterangan nya spt sudah ada. apa spt saya sudah terkirim atau pending pa. mohon bantuannya
Anonim mengatakan…
selalu error reg001 npwp tidak terdaftar
mohon solusinya
Anonim mengatakan…
selalu mendapat pesan error REG001 NPWP tidak terdaftar
mohon solusinya pak
Nanang Banjar mengatakan…
Saat mau registrasi, masukan NPWP dan EFIN dan klik verifikasi ternyata timbul pesan kesalahan : REG008 NPWP Sudah terdaftar. Bagaimana solusinya pak, trims
Unknown mengatakan…
Pak.. Saat registrasi selalu muncul kesalahan REG008. NPWP sudah terdaftar.. Gmana tu pak.. Mohon solusinya..
Romly Ahmad mengatakan…
Pak Masa NPWP saya selalu di bilang ga ada.... lah padahal itu NPWP saya terdaftar sejak 20-07-2007.
dan pelaporan manual fine2 aja...
apa kalo hari libur server pajak libur juga ya?


terimakasih sebelumnya.
LOGO ALFA PETARUNG mengatakan…
bos cara buat lagi SPT yg lupa password DJP,,,dgn syarat email tidak ganti
LOGO ALFA PETARUNG mengatakan…
cara membuat SPT yg lupa password DJPnya... dngan syarat email nya tidak usah ganti bagaimana yaaaa??????????????
Anonim mengatakan…
Salaam.
Kalau seperti ini, bagaimana solusinya?
"Pesan Kesalahan:SO008-Kode keamanan tidak sesuai."
Saya WNI yang saat ini tinggal di USA namun masih harus melaporkan PPh 21 yang telah dibayarkan selama tahun 2015.
Sudah beberapa kali mencoba Login ke DJP Online tapi Pesan Kesalahan SO008 tersebut terus saja muncul.
Mohon bantuannya.
Terimakasih
Anonim mengatakan…
Salaam.

Kalau seperti ini, bagaimana solusinya?
"Pesan Kesalahan:SO008-Kode keamanan tidak sesuai."
Mohon bantuannya Pak.
Saya WNI yang saat ini tinggal di USA, namun masih harus melaporkan PPh 21 yang telah dibayarkan selama tahun 2015.
Saya sudah beberapa kali mencoba Login pada DJP Online, namun Pesan Kesalahan SO008 tersebut selalu muncul.

Terimakasih
Unknown mengatakan…
Pak raden mau tanya? Efin sudah ada terus mau lanjut ke pendaftaran online kok katanya npwp saya tidak terdaftar . Mohon pencerahanya .
wisnu mengatakan…
pak raden mohon bantuan saya mau masuk tp gk bisa tertulis REG008
NPWP sudah terdaftar
sofi tikkichan mengatakan…
kalo reg 00031
itu apa artinya
daftar masih belum bisa
sofi tikkichan mengatakan…
mohon maaf menanyakan kalo reg 00031 itu apa artinya ya??

Karena baru daftar sudah begitu.. terima kasih
sofi tikkichan mengatakan…
kalo reg031 itu artinya apa
karena masih mau daftar kenapa tidak bisa???
mohon penjelasannya
Unknown mengatakan…
Pak... kalo udh daftar tetapi kode aktivasi di email gk ada gmnh ya...
Unknown mengatakan…
Mohon maaf saya mau tanya, saya sudah dapat efin dari kantor krn yg urus kantor, pas saya mau registrasi ternyata efin belum diaktivasi bacaannya. Aktivasinya bagaimana ya? Karena ga ada email apapun yg masuk ke email saya. Mohon bantuannya pak, trims.
Rusmin Nurmuhaimin mengatakan…
selamat siang pak...
pada saat peengajual aktivasi efin ada pesa "REG008 NPWP Sudah Terdaftar" itu maksudya apa dan ada solusi tidak apabila NPWP tersebut belum terdaftar...???
Unknown mengatakan…
EFIN TIDAK SESUAI
TU GIMANA MAS
Unknown mengatakan…
biasanya salah ketik
Unknown mengatakan…
sudah dibalas ya
Unknown mengatakan…
kalau sudah terdaftar, coba langsung login
Unknown mengatakan…
kalau sudah dapat efin artinya efin sudah diaktivasi. jika mau yakin boleh kirim npwp ke saya untuk di cek.

mungkin maksudnya djponline belum diaktivasi.
silakan registrasi, terus cek email untuk klik link yang dikirim djponline
Unknown mengatakan…
coba daftar lagi.
waktu di tenda, asistensi efiling, beberapa kali ketemu kasus seperti ini.
solusinya daftar lagi
sampai link aktvasi dikirim ke email.

sering kali kiriman link aktivasi lebih cepat ke email di hp daripada email di web
Unknown mengatakan…
coba langsung login
Unknown mengatakan…
harus dicek ke masterfile
silakan kirim npwp ke email saya
atau datang langsung ke KPP
Unknown mengatakan…
seringkali kasus SO tidak cocok antara npwp, password, dan kode keamanan.
mungkin salah ketik...
Unknown mengatakan…
menu lupa password bisa ganti email, bisa juga tidak. atau masukkan lagi email yang lama tidak masalah
Unknown mengatakan…
kirim npwp ke email ya
harus dicek ke masterfile
Unknown mengatakan…
coba langsung login
Unknown mengatakan…
harus di cek npwp
coba telpon 1500200 untuk cek NPWP
Unknown mengatakan…
telpon Kring Pajak di 1500200 untuk cek status NPWP
Unknown mengatakan…
sudah kirim SPT
sebelum kirim email, ada token (kode verifikasi) yang dikirim ke email. token tersebut harus dimasukkan ke djponline sebelum kirim email. anggap saja token itu perangko :D
Unknown mengatakan…
harus cek lagi ke aplikasi efin.
coba telpon kring pajak di 1500200 atau bisa juga ke email saya.

hanya saja kalau ke email saya, paling cepat dibalasa pagi hari berikutnya
Unknown mengatakan…
solusi untuk NPWP yang non aktif adalah lapor secara manual dulu.
bisa juga minta diaktifkan ke KPP langsung.
form aktivasi NPWP ada di posting saya
sila dicari
Alvin Pramuditya mengatakan…
Mas raden, saya sudah dapat efin tapi belum diaktivasi cara nya gimana ya mas
Apa bisa lewat email? Atau aplikasi
Mohon bantuannya mas
anton mengatakan…
pagi pa
klo saat aktivasi keluar Pesan Pesan Kesalahan:REG024
User sudah aktif. Anda sudah dapat login. cara menangani bgmn?
mksh
PUJI HARTANTO mengatakan…
kasusnya sama dengan saya REG008, kalau langsung loging paswordnya gimana pak?
Unknown mengatakan…
Saya sudah coba registrasi tapi bacaannya tetap efin belum diaktivasi. Gimana ya pak?
Unknown mengatakan…
SIANG PAK....pak jika ada masalah dengan SO004 DALAM PENGISIAN DJP GMN?
Anonim mengatakan…
Mohon di bantu pak, NPWP saya non aktif.
NPWP 363370453438000
NIK 3210165203840081
Anonim mengatakan…
Mohon di bantu pak, NPWP saya non aktif.
NPWP 363370453438000
NIK 3210165203840081
Unknown mengatakan…
kalau non aktif, kirim SPT manual saja
boleh via POS
Unknown mengatakan…
mungkin salah ketik saja
coba lagi
Unknown mengatakan…
langsung login saja
Unknown mengatakan…
tidak bisa pakai email
langsung saja ke djponline.pajak.go.id
kemudian registrasi di menua "anda belum daftar.."
jika sudah memasukkan NPWP, efin, dan password, maka link aktivasi akan dikirim ke email terdaftar

kemudian masuk ke email
klik link aktivasi yang ada di email

baru login dengan password yang sudah kita bikin saat registrasi / daftar

Unknown mengatakan…
kalau langsung login berarti password kita inget. kalau lupa password ya klik menua lupa password.

di menua lupa password kita harus memasukkan NPWP dan efin. kemudian ada kode keamanan. setelah submit nanti link reset password akan dikirim ke email.

login ke email dan klik link yang diberikan oleh djponline.pajak.go.id

silakan login di djponline.pajak.go.id
Unknown mengatakan…
coba kirim npwp ke email saya
Kehutanan mengatakan…
Numpang nanya mas, sy sudah kirim spt. dan sdh tercetak, ada kesalahan sedikit saja yaitu tgl pembetulan pph yg dipotong, mestinya tgl 10-03-2016, tp yg terinput 09-03-2016. gpp ya mas?
Ali Faoji, S.Kep, Ns mengatakan…
Saya sudah dapat efin tapi berulangkali gagal "efin tidak sesuai" padahal sudah bener ngetiknya....gimana solusinya pak?makasih
Anonim mengatakan…
Kalau sudah punya efin tetapi lapor manual boleh ga pak? Kalau pakai manual ssp kurang bayarnya klop. tapi kalau pake efilling malah lebih 15 rupiah. Bagaimana solusinya pak? terima kasih
Miramila mengatakan…
assalamualaikum, pak saya mau nanya. saya udah daftar DPJ online, tapi belum ada link aktivasi masuk ke e-mail saya, saya juga udah klik kirim ulang link aktivasi berkali-kali tetep aja ga ada kotak masuk saya........
mohon solusinya,
terimakasih.
Unknown mengatakan…
Pak Agus, saya mau isi SPT Online, tapi muncul terus PESAN KESALAHAN SO0003,....dst
Padahal NPWP dan eFIN sudah benar, gimana solusinya Pak
Unknown mengatakan…
Pak, saya sudah dapat efin, namun ketika akan daftar dan diverifikasi terdapat kesalahan REG0031 "EFIN tidak sesuai". Caranya gimana ya, Pak?
Unknown mengatakan…
kok gangguan mulu ni
Unknown mengatakan…
kok error pak e-billing nya
Unknown mengatakan…
Siang Pak, saya udah beberapa kali coba masuk ke aplikasi SPT online, yg muncul Pesan Kesalahan SO0003, padahal NPWP sama eFIN udh bener pak ?
Anonim mengatakan…
siang pak...... pak loginnya mau... tapi pas buka menu e-filling selalu kosong, tak ada pesan error.....
Anonim mengatakan…
Saya sdh daftar efin, namun ketika saya daftar di web djponline dan melakukan verifikasi, terdapat pesan kesalahan reg031 "Efin Tidak Sesuai". Bagaimana solusinya ya, Pak?
Pipit mengatakan…
Siang pak. mau login djp tapi salah password terus SO003 password tidak sesuai dengan email yang di daftarkan. Padahal sudah benar password saya. mohon pecerahannya
Skin mengatakan…
Saya karyawan swasta daftar efin kolektif, tapi berkas saya kembali infonya npwp tidak terdaftar, kenapa ya?
Anonim mengatakan…
YTH. Pak RAS,
Senada dg pertanyaan sebelumnya "23550174-f260-11e5-8277-b781386af6ab Jumat, Maret 25, 2016 3:04:00 PM

"Saya WNI yang saat ini tinggal di USA, namun masih harus melaporkan PPh 21 yang telah dibayarkan selama tahun 2015".

Saya WNI yang bekerja di Kerajaan Thailand dimana NPWP Pemotong Pajak tidak terdaftar di Indonesia. Bagaimana saya harus mengisi Lampiran I, bagian C: Daftar Pemotongan/Pemungutan PPh Oleh Pihak Lain dan PPh Yang Ditanggung Pemerintah?

Apabila tidak diisi, maka eFilling tidak dapat disubmit.

Terima kasih.
Unknown mengatakan…
form SPT tidak tidak memasukkan penghasilan dari subjek pajak luar negeri.
khusus pekerja, maka lihat domisili di Indonesia. Jika di Indonesia kurang dari 183 maka NKRI menganggap anda bukan penduduk NKRI.

jika bekerja di Thailand, silakan minta NPWP NE di KPP terdaftar sudah terlepas kewajiban lapor.
Unknown mengatakan…
*sudah = supaya
Unknown mengatakan…
sila coba menu lupa password
Unknown mengatakan…
saya tidak tahu.
tahun ini banyak kasus NE dan DE padahal WP tidak pernah mengajukan NE atau DE
yana mengatakan…
pak. saya mau registrasi setelah dapat efin.
tapi setelah masukin kode keamanan dan tekan verifikasi, hanya kode keamanannya saja yang ganti-ganti trus. Itu masalahnya kenapa ya?

Terima kasih pak
yana mengatakan…
Pak. Maaf saya mau tanya.

Setelah saya masukin NPWP, nomor efin dan kode keamanan trus klik verifikasi, hanya kode keamanannya yang ganti-ganti terus, tidak bisa lanjut.

Masalahnya kenapa ya?
Thanks
AZR mengatakan…
Mohon Solusinya pak..!! apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi bila yang muncul Kode Error SO006 Kegagalan Autentikasi
Anonim mengatakan…
ini saya baru daftar djp online, saya memasukkn npwp, no.efin dan kode keamanan lalu saya klik verivikasi, namun setelah itu muncul "pesan kesalahan : REG008 , NPWP sudah terdaftar" padahal saya barupertama kali ini mendaftar, ini apakah adamasalah di websitenya atau gmn? terimakasih
Anonim mengatakan…
Pak, mau tanya sudah daftar efin langsung ke KPP dan sudah mendapatkan lembar kode efin, katanya otomatis akan di email dan sudah bisa lapor SPT online, tp ditunggu dari sore sampai malam ini tidak memperoleh email. ini harus bagaimana? terima kasih.
Unknown mengatakan…
Bos saya selalu mengalami kesalahan s0006 kegagalan autentikasi... Gimana mengatasinya...saya lupa efin nya
Unknown mengatakan…
Bos saya tiap kali mau masuk selalu kesalahan s0006 kegagalan autentikasi... Itu gimana mas...sya lupa efinnya
Unknown mengatakan…
Sama, aku malah saat login keluar 404, padahal jam 3 malam ni,,,
Unknown mengatakan…
wah, sambil tahajud :D

404 – Not Found
Ada beberapa hal yang menyebabkan tampilnya pesan kesalahan di atas :
* Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
* Terjadi gangguan akses Internet atau down
* Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkinan halaman tersebut memang tidak ada
* Terjadi kesalahan penulisan alamat URL

https://n9neo.wordpress.com/technical/arti-kode-error-pada-browser-internet/
Unknown mengatakan…
silakan coba langsung login saja
Unknown mengatakan…
setelah dapat EFIN, langsung selanjutnya adalah daftar atau registrasi di djponline.pajak.go.id
menunya dibawah menu lupa password
tepatnya ada pertanyaan "belum daftar?"

proses daftar dengan mengisi NPWP, EFIN, kode keamanan. kemudian klik verifikasi.

setelah itu diminta password untuk login ke djponline. tepatnya bikin password baru.

link aktiva baru akan dikirim ke email
coba login ke emain
jika belum muncul, coba lagi direfresh

jika belum masuk-masuk ke email bisa daftar lagi (kedua kalinya)...

setelah klik link aktivasi baru bisa login ke djponline.pajak.go.id

jika ada pesat "NPWP sudah terdaftar" silakan langsung login
jika error "SO..." kemungkinan salah password.
silakan reset password dengan menu lupa password
Unknown mengatakan…
ini salah password atau kode keamanan
jika yakin password benar coba reset password di menu lupa password
Unknown mengatakan…
mungkin jaringan
Unknown mengatakan…
kode SO... biasaya salah password
baiknya direset lagi passwordnya
cuma reset password kan harus pakai efin
jadi harus ke kpp saja minta efin sekalian lapor efiling di KPP
Anonim mengatakan…
Terima kasih atas respond pak RAS pada Selasa, Maret 29, 2016 4:52:00 PM atas pertanyaan saya Selasa, Maret 29, 2016 3:35:00 PM dimana bagi WNI yang tinggal di luar Indonesia lebih dari 183 hari dalam setahun akan terbebas dari kewajiban lapor SPT Tahunan dengan mengajukan agar "NPWP NE" di KPP terdaftar. "NE" yang dimaksudkan adalah "Non Efektif".

Ketika kemudian DJP menyetujui NPWP NE maka kondisi NPWP kita akan "Mati Suri". Tentunya hal ini akan memiliki konseweksi hal-hal yang terkait dengan NPWP kita akan menjadi tidak berlaku sebagaimana mestinya. Misalnya, perihal yang terkait dengan Perbankan, Notaris, Pembelian/Penjualan Properti dsb. akan tidak dapat dilaksanakan.

Mohon menjelasan lebih lanjut.

Terima kasih,
hp
Unknown mengatakan…
PER-20/PJ/2013
Pasal 9:
Wajib Pajak badan tertentu selain perseroan terbatas dengan status tidak aktif (non efektif) yang tidak mempunyai kewajiban Pajak Penghasilan dan secara nyata tidak menunjukkan adanya kegiatan usaha.

Pasal 40:
Wajib Pajak dapat ditetapkan sebagai Wajib Pajak non efektif sehingga dikecualikan dari pengawasan rutin oleh KPP apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a. Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakuka pekerjaan bebas;
b. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak;
c. Wajib Pajak orang pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya;
d. Wajib Pajak yang mengajukan permohonan penghapusan dan belum diterbitka keputusan; atau
e. Wajib Pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak.

>>> NPWP NE tidak wajib lapor SPT
soegab mengatakan…
Kode Error SO006 Kegagalan Autentikasi

sewaktu mau masuk ke djp online, selalu muncul error ini.

nomer NPWP sudah benar, password sudah sesuai,
kode autentikasi juga sudah benar, tapi masi juga muncul error ini. apa ada solusinya? selain mereset password yg butuh e-fin? (e-fin saya entah dimana)
Unknown mengatakan…
Sistem busy boss... gak bisa masuk
mudah2an bisa ditambah kapasitasnya
Unknown mengatakan…
Pak, saya mau tanya taon lalu saya udah lapor pajak lewat online 1770SS..dan sudah terima tanda terima.

taon ini saya berhenti kerja status pekerja bebas. setelah saya login dengan npwp dan password yang sama tahun lalu sudah berhasil. setelah saya mau upload form CSV..kok munculnya NPWP SPT tidak sama dengan NPWP Login..

kenapa yach..apakah pengaruh tahun lalu terdaftar pekerja swasta dengan form 1770SS dan tahun ini pakai form 1770..?

mohon bantuannya.. terima kasih
Anonim mengatakan…
selamat siang pak, saya ingin login pajak dari bbrp hari lalu selalu muncul kegagalan authentikasi. mohon pencerahannya. kalau memang butuh efin lg, apakah bisa dibantu? mengingat kmrn di kantor pajak sangat penuh sekali.
Anonim mengatakan…
Cukup jelas pak RAS untuk #1.

Saya ulangi untuk #2:
Ketika kemudian DJP menyetujui NPWP NE maka kondisi NPWP kita akan "Mati Suri". Tentunya hal ini akan memiliki konseweksi hal-hal yang terkait dengan NPWP kita akan menjadi tidak berlaku sebagaimana mestinya. Misalnya, perihal yang terkait dengan Perbankan, Notaris, Pembelian/Penjualan Properti dsb. akan tidak dapat dilaksanakan.

Salam,
hp
Anonim mengatakan…
Pak Raden, mohon bantuannya.. NPWP saya tidak bisa registrasi eror REG003, no EFIN nya sudah dapat dari kantor pajak.. GImana solusinya ya Pak..?
bpk kalua muncul Pesan Kesalahan:REG008
NPWP sudah terdaftar....solusinya bagaimana
Unknown mengatakan…
Pak Raden Agus Suparman mohon bantuannya kalo "This site can’t be reached" ini enaknya gimana ya? dan saya coba telp 1500200 ga bisa terus mohon pencerahaanya dan bantuannya terima kasih
Risonetoo mengatakan…
pak kok tidak bisa log in, selalu muncul this site can't be reach... dari pagi tadi..
Anonim mengatakan…
solusi jika isi SPT 1770 SS, yang keluar perintah upload SPT.. mohon bantuan nya..
Unknown mengatakan…
waduh pak raden, penyakit masal djp online nih pak. susah akses ke situsnya. kira-kira kapan pak waktu yang tepat agar bisa akses ke situsnya lancar.
Ahsanu-'Amala mengatakan…
kalau belum ada tanda terimanya gimana pak ? yang ada cuman kode verifikasi. setelah dicoba beberapa kali, hasil nya sama "kode pembetulan sudah digunakan untuk jenis formulir SPT yang lain".
Deesy mengatakan…
Pak saya mau nanya, saya baru daftar djp online, saya memasukkn npwp, no.efin dan kode keamanan lalu saya klik verivikasi, namun setelah itu muncul "pesan kesalahan : REG007 , NPWP sudah terdaftar" trus saya coba langsung Log ini tapi ngak bisa muncul "Belum Registrasi". sudah 3 hari saya mencoba registrasi tapi selalu muncul hal yang sama. Mohon solusinya. Terima Kasih.
Deesy mengatakan…
Pagi Pak. Saya mau daftar tapi selalu muncul REG007 "NPWP sudah terdaftar" saya coba langsung log in tapi ngak bisa muncul pesan belum registrasi. saya sudah coba berkali-kali selama 3 hari tapi selalu muncul hal yang sama. Mohon solusinya. Terima Kasih.
Julian mengatakan…
ada pesan kesalahan REG008,langsung login tidak bisa mohon solusinya
Nancy mengatakan…
Pak, saya barusan kirim email ke bapak untuk daftar efin, bisa tolong di bantu pak?

NPWP : 09.543.500.4.017.000
Nama : SRI WISNUS MURTHI HANDAYANI
HP : 0812 8952 0808

Unknown mengatakan…
Mohon penjelasan kalau Kode Pembetulan Sudah Digunakan Untuk Jenis Formulir SPT yang lain, yang jadi masalah adalah saya belum sama sekali melakukan pengiriman SPT. Mohon Penjelasan !
Unknown mengatakan…
Mohon Penjelasan masalah kode pembetulan sudah digunakan untuk jenis formulir SPT yang lain, padahal saya belum melapor sama sekali. Mohon penjelasannya Teman-teman !
Unknown mengatakan…
PESAN KESALAHAN REG006 SOLUSINYA GMN PAK?????
Unknown mengatakan…
Pak Raden..
Bagaimana solusi jika ini muncul pada saat Login Pajak?
( Pesan Kesalahan:SO003-Password Tidak Sesuai,email terdaftar:ste.lla.f.re.zz@gmail.com )
Yahya mengatakan…
muncul pesan kesalahan reg024 user sudah aktif anda sudah dapat login padahal saya belum membuat password djponline mohon petunjuk pak
Unknown mengatakan…
klik lupa password saja
password direset kemudian bikin baru
setelah bikin, baru login
Unknown mengatakan…
ya passwordnya salah :D
solusinya ketik yang benar
mungkin lupa password
biar yakin, silakan reset password
Unknown mengatakan…
mungkin salah ketik NPWP?
Unknown mengatakan…
biasanya sudah bikin tapi belum terkirim.
coba ulang lagi bikin dari awal sampai SPT terkirim (setelah memasukkan token dari email)
Unknown mengatakan…
kenapa tayang NPWP dan HP di sini?
nanti ada "mama minta pulsa" hehehe...
Unknown mengatakan…
coba menu lupa password saja
Unknown mengatakan…
ini seperti muter-muter ya?
Unknown mengatakan…
bulan April 2016 ini Insya Allah lancar
lapor efiling boleh sampai 30 April 2016
khusus tahun ini
Unknown mengatakan…
jaringan sibuk
Unknown mengatakan…
kalau menurut pesan diatas, saya selalu tanya "masih ingat password?"
jika tidak tahu atau lupa, langsung ke menu lupa password
Unknown mengatakan…
harus cek NPWP dulu
Unknown mengatakan…
error authentifikasi biasanya salah password atau kode keamanan. coba lagi
Unknown mengatakan…
1770SS ko pake csv ya?
sebulan ini saya bantu efiling orang ga pernah nemu upload cvs untuk 1770SS
Unknown mengatakan…
aamiin
saya sih setuju jika DJP sewar google cloud saja biar lancar semua.

Unknown mengatakan…
pak semalam sy kan isi e-filing smpai langkah akhir lalu sy lakukan klin disini untuk meminta kode melalui email sebelum melakukan pengiriman data. saat sudah masukkan kode yg dari email lalu sy mw klik kirim tetapi jaringan tidak bagus dan semalem tidak sempat mengirim. skarang sy mau login muncul Pesan Kesalahan:SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan.
sy coba daftar ulang online muncul Pesan Kesalahan:REG001
NPWP tidak terdaftar.

solusinya bagaimana pak?
Anonim mengatakan…
pak raden, kalau misalnya ada kesalahan SO006 Kegagalan Autentikasi gmn cara mengatasinya???
Anonim mengatakan…
Pak, saya mau kirim SPT nya, sudah mendapat kan token dri email, waktu mau dkirim ada tulisan "SPT SUDAH ADA" gman pak solusinya sudah saya hapus SPT nya dan Saya input lg tapi sama saja pak,
Unknown mengatakan…
kalau sudah isi formulir SPT, tapi pas isi formulir SPT 1770 S
selalu keluar " 404 Maaf laman tidak tersedia" dan itu cuma terjadi pada pengisian satu orang,sedangkan saat diganti mengisi punya yang lain bisa berhasil, tapi saat mengisi punya yg bersangkutan kembali hal yang sama terjadi kode 404 selalu keluar saat sudah berhasil mengisi formulir.dan sudah dicoba berpuluh puluh kali.solusinya dong pa
1 – 200 dari 297 Lebih baru Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk dan Contoh PPh Pasal 21

Kartu NPWP Baru