mengaktifkan kembali NPWP non efektif

Sering kali wajib pajak dikecewakan pada saat akan lapor pajak. Sudah datang jauh-jauh, macet, antri, ternyata saat divalidasi NPWP tidak bisa lapor. Kecewa karena usahanya tidak sesuai harapan. Padahal wajib pajak sudah memberikan itikad baik untuk menunaikan kewajiban pada NKRI.

Status NPWP non-efektif (NE) menjadikan wajib pajak juga tidak bisa lapor melalui efiling. Beberapa kasus, malah sudah pernah lapor melalui efiling tahun lalu. Karena sebab tertentu, ternyata menjadi NE. Karena NPWP NE maka tidak bisa masuk ke http://djponline.pajak.go.id/ 

Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-40/PJ/2013 mengatur bahwa Wajib Pajak dapat ditetapkan sebagai Wajib Pajak non efektif sehingga dikecualikan dari pengawasan rutin oleh KPP apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakuka pekerjaan bebas;
  2. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak;
  3. Wajib Pajak orang pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya;
  4. Wajib Pajak yang mengajukan permohonan penghapusan dan belum diterbitka keputusan; atau
  5. Wajib Pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Nah, kalau sudah telanjur NE kemudian mau lapor maka solusinya dengan menghilangkan NE. Wajib pajak dapat mengajukan permohonan pengaktifan kembali NPWP ke KPP terdaftar.

Ada formulir yang dapat digunakan untuk pengaktifan kembali NE. Silakan unduh form pengaktifan NE dimaksud, cetak dan isi. Kemudian sampaikan ke KPP terdaftar. Boleh dikirim via pos.





Komentar

Unknown mengatakan…
kalau lapor SPT Tahunan secara manual, sudah langsung aktif kembali pak. pengalaman di KPP sini pak.
hamdan mengatakan…
numpang nanya, kebetulan NPWP saya juga NE.
1. yang dikirim ke KPP apa aja ya selain formulir itu? apakah hanya wajib pajak aja?
2. saya kemarin telp ke KPP asal saya, nah katanya formulirnya dikirim ke KPP asal, gak bisa di KPP terdekat. FYI, KPP asal saya KPP purwokerto, tapi saya tinggal di jakarta. Pertanyaannya, apa benar harus dikirim ke KPP asal?
3. Biasanya prosesnya berapa hari kerja ya?

Terimakash sebelumnya.
Unknown mengatakan…
Klo dftar lagi npwp baru apakah akan mendapatkan nomor npwp yg sama?
Unknown mengatakan…
Kalau no npwp sudah tidak terdaftar.apa bisa di aktifkan kembali.
Unknown mengatakan…
kalau tidak terdaftar harus daftar lagi
bikin NPWP baru
Unknown mengatakan…
pastinya tidak sama
NPWP kan dibuat acak oleh komputer pada saat daftar
Unknown mengatakan…
solusinya lapor SPT manual dulu.
memang benar, jika mau diaktifkan ke KPP harus ke KPP terdaftar atau asal. KPP lain tidak bisa.

kirim manual via POS saja
Unknown mengatakan…
mau tanya, saya seorang pns mau efiling ga bisa padahal sdh punya efin statusnya ne. suami jg pns bisa ga saya laporan spt tahun mengikuti npwp suami krn npwp saya ne. mksh
Unknown mengatakan…
mau tanya, saya seorang pns mau efiling ga bisa padahal sdh punya efin statusnya ne. suami jg pns bisa ga saya laporan spt tahun mengikuti npwp suami krn npwp saya ne. mksh
Unknown mengatakan…
mau tanya, saya seorang pns mau efiling ga bisa padahal sdh punya efin statusnya ne. suami jg pns bisa ga saya laporan spt tahun mengikuti npwp suami krn npwp saya ne. mksh
Unknown mengatakan…
mau tanya, saya seorang pns mau efiling ga bisa padahal sdh punya efin statusnya ne. suami jg pns bisa ga saya laporan spt tahun mengikuti npwp suami krn npwp saya ne. mksh
Unknown mengatakan…
lapor manual dulu atau minta diaktifkan dengan form yang saya maksudkan diatas
sherman mengatakan…
Laporan manual juga ga bisa mesti diaktifin dahulu npwpnya td pagi saya mengalaminya, berkas spt manual saya dikembalikan
Unknown mengatakan…
Maaf mau tanya, NPWP saya statusnya NE sudah mengisi form juga tapi setelah melpor ke kpp terdekat mereka minta bukti potong atau tanda bukti lapor 1721-A1, saya harus dapat dari mana
Unknown mengatakan…
maaf saya mau tanya, status NPWP saya NE sudah mengisi form seperti yang di maksud setelah datang ke kpp terdekat mereka minta bukti potong atau tanda bukti lapor 1721- A1, saya dapat dari mana ya, atau ada cara yang lebih mudah
Unknown mengatakan…
mungkin mau langsung di-efiling-kan :D
jika memang tidak punya A1 ya... bilang saja tidak ada
Unknown mengatakan…
dia tidak mau repot.
silakan kirim via POS saja
Unknown mengatakan…
mohon solusinya,,ane sudah isi SPTnya,,kemudian ane kluar,,kemudian ane klik pembetulan bukan normal,,ternyata pas mau nyimpan,,tidak bisa,,katanya SPT sebelumnya belum disimpan,,
Unknown mengatakan…
sudah isi tapi belum dikirim?
berarti belum diterima oleh "komputer pajak".
maka dianggap belum lapor.

karena belum lapor maka tentu harus normal dulu.
jika yang normal sudah dikirim dan ada tanda terima berupa "Bukti Penerimaan Elektronik" maka selanjutnya bikin SPT pembetulan
Unknown mengatakan…
Maksudnya di efilingkan apa ya pak
bisa tidak ya, pengurusan ini di wakilkan, HRD Office yang mengurus untuk beberapa karyawan yang status npwp nya ne atau harus karyawannya
Unknown mengatakan…
bisa kolektif oleh perusahaan
tiny mengatakan…
Kalo npwp NE dan sblmnya dibuatkan oleh kantor pusat (perusahaan)padahal karywn beda domisili.apa bisa surat permohonan aktifasi npwp menjadi efektif di kpp perusahaan mendaftarkan?
Jika melapor manual apa saja syaratnya?
gorry mengatakan…
saya mau tanya waktu isi npwp sama efin di situ bilangnya sudah terdaftar..trus lankah selanjutnya apa y pak..?? mohon pencerahahnnya ..terimakasih
Unknown mengatakan…
mff pak mau tanya, untuk emngaktifkan kembali NPWP pribadi, kan mengisi formulir NE ...apakah perlu dilampirkan materai
Unknown mengatakan…
Hai. Kmrn saya ke ktr pajak utk lapor pajak. Dan status npwp saya ne atau non efektif. Dan dr petugas pajaknya blg kalau npwp ne tdk perlu lapor spt tahunan. Dibiarkan saja. Sedangkan sy sedang proses utk membuat pt. apakah pengaruhnya kpd saya? Tks
Unknown mengatakan…
kalau punya perusahaan harus diaktifkan.
mungkin petugas mengira bapak pengangguran (ga punya A1)

jadi silakan aktifkan
bisa langsung ke KPP atau kirim SPT manual via POS

data pemegang saham termasuk data yang sering "diolah" kantor pajak
Unknown mengatakan…
tidak.
cukup ditandatangani saja
Unknown mengatakan…
beda prosedur antara mengaktifkan kembali NPWP NE dengan pindah KPP.
silakan aktifkan dulu, kemudian minta pindah sesuai domisili
Unknown mengatakan…
kalau sudah terdaftar, kewajiban selanjutnya adalah lapor SPT setiap tahun
Unknown mengatakan…
Punten numpang tanya, bisa ga mengaktifkan no npwp yang NE dengan cara bayar ssp lewat kantor pos nuhun..
Unknown mengatakan…
Mau tanya pak, kemarin npwp sy status NE. sudah sy aktifkan kembali dan sdh menerima npwp yg baru. Yang ingin sy tanyakan langkah selanjutnya bagaimana? Spt tahun ini sy tidak perlu laporkakah? Trima kasih
Unknown mengatakan…
tidak bisa.
mungkin malah tidak bisa bayar
Unknown mengatakan…
langkah selanjutnya lapor SPT Tahunan
Suparman mengatakan…
Punten Pak, sy baru bikin NPWP, begitu di cetak ternyata alamat nya berbeda dg ktp. sy tanyakan ke petugas, katanya nama, ttl, nik sy sdh ada di sistem mereka.padahal sy blm pernah bikin NPWP. kenapa bisa seperti itu yach pak? apakah berbahaya jika seprti itu? dan apa yg harus sy lakukan?? terima kasih Pak.
Anonim mengatakan…
mau tanya pak,untuk npwp lawan transaksi yang statusnya NE apakah penjual bisa membuat faktur pajaknya selama belum diaktifkan?
Unknown mengatakan…
saya mau membuat NPWP badan di daerah, nah pas saya ke kantor pajak katanya NPWP pusatnya sudah NE, untuk mengaktifkannya harus ke KPP Kemayoran Jakarta, nah untuk persyaratannya apa saja ya?
ini bentuknya badan yaitu asosiasi bidang konstruksi
Unknown mengatakan…
saya mau membuat NPWP badan di daerah, nah pas saya ke kantor pajak katanya NPWP pusatnya sudah NE, untuk mengaktifkannya harus ke KPP Kemayoran Jakarta, nah untuk persyaratannya apa saja ya?
ini bentuknya badan yaitu asosiasi bidang konstruksi
Unknown mengatakan…
saya mau membuat NPWP badan di daerah, nah pas saya ke kantor pajak katanya NPWP pusatnya sudah NE, untuk mengaktifkannya harus ke KPP Kemayoran Jakarta, nah untuk persyaratannya apa saja ya?
ini bentuknya badan yaitu asosiasi bidang konstruksi
Unknown mengatakan…
saya mau bertanya pak, saya mau membuat NPWP di cabang, dan saya ke kantor pajak, nah pas sampai disana katanya NPWP pusatnya NE harus di aktifkan dulu di KPP yang dulu bikinnya di KPP Kemayoran, nah untuk persyaratan pengaktifannya apa saja ya pak?
saya dari badan yaitu asosiasi jasa konstruksi
Unknown mengatakan…
itu diatas ada form-nya
itu saja sudah cukup
Unknown mengatakan…
seharusnya NPWP NE tidak bisa membuat faktur pajak.
lah NPWP saja NE gimana status PKP? apalagi bikin faktur.
Anonim mengatakan…
keterangan pada saat upload faktur tersebut reject/npwp lawan transaksi tidak ditemukan,sudah konfirmasi ke KP statusnya NE,tetapi saat diupload kembali aproval sukses,faktur NE tersebut misalnya bulan maret 2016,dan baru mengaktifkan NPWP NE bulan April 2016,apakah itu ada kesalahan pada sistem upload dan apa yang harus dilakukan
Terimakasih
Unknown mengatakan…
itu pasti kesalahan server DJP.
bukan kesalahan wajib pajak
Unknown mengatakan…
Apakah denda/sanksi yang pernah diterbitkan DJP (ketika WP belum NE) masih dikenakan setelah WP diaktifkan?
Unknown mengatakan…
STP tetap berlaku selama belum dilunasi.
tidak peduli NPWP NE atau bahkan DE.

namanya utang pajak, sampai yang bersangkutan meninggal tetap ditagih ke warisannya (jika ada)
Anonim mengatakan…
mau tanya pak,untuk pemilik npwp bendaharawan apakah kode dan nomor seri faktur pajak harus diubah ke 020(kepada pemungut bendaharawan),faktur pada juli2015 sudah terupload dan masuk ke kode 010(kepada pihak yang bkn pemungut ppn),untuk faktur yang sudah ter upload apakah harus diganti ke kode 020?
Unknown mengatakan…
juli 2015? sudah lewat dong.
yang penting dibayar
semua PPN yang sudah dibayar atau dipungut oleh bendahara silakan diperhitungkan.

yang bayar rekanan pemerintah ya.
bendahara cuma bantuin mungut.
Tono mengatakan…
Mohon petunjuknya Pak, saya punya CV sudah 4 tahun nggak ada aktifitas/ pemasukan pekerjaan dan tidak mebayar Pajak. karena saya tinggal kerja di luar kota.Bagaimana cara mengaktifkan kembali, dan kisaran denda yang harus saya lunasi. terima kasih.
Unknown mengatakan…
Apakah WP Non Efektif yg telah diaktifkan kembali, masih dikenakan denda tidak melapor SPT Masa/Tahunan atas laporan tsb, khususnya sebelum WP ditetapkan berstatus Non Efektif?
Unknown mengatakan…
Apakah WP Non Efektif yg telah diaktifkan kembali, masih dikenakan denda tidak melapor SPT Masa/Tahunan atas laporan tsb, khususnya sebelum WP ditetapkan berstatus Non Efektif?
Unknown mengatakan…
selama statusnya NE tidak ada kewajiban lapor pajak. Karena tidak ada kewajiban maka tidak ada denda.

Denda timbul karena kewajiban tidak ditunaikan.
Unknown mengatakan…
denda itu timbul setelah terbit STP dari kantor pajak. JIka tidak ada STP maka tidak ada denda walaupun harusnya ada.

silakan minta diaktifkan jika memang statusnya NE
Ahmad Muzahid mengatakan…
saya punya NPWP keluaran 2010, ada yg mengatakan sudah tdk aktif lagi, apa betul... apa perlu diaktifkn setiap tahun, atau gmana ? apakh ada pengaktifan secara online
Unknown mengatakan…
tidak harus diaktivkan tiap tahun.
kita tahu aktif atau tidak setelah cek ke masterfile
mubarokmta234@gmail.com mengatakan…
Status saya NE... Kalau mau pinjam kredit bank apakah harus di aktifkan dulu... Kemarin sama pihak bank diminta NPWP padahal statusnya NE... Gimana pak Raden agus suparman
mubarokmta234@gmail.com mengatakan…
Status NPWP saya NE... Kalau mau pinjam kredit bank apa harus diaktifkan lagi... Kemarin bank minta NPWP padahal status nya NE... Apa harus diaktifkan dulu... Mohon pencerahan
mubarokmta234@gmail.com mengatakan…
Status NPWP saya NE... Kalau mau pinjam kredit bank apa harus diaktifkan lagi... Kemarin bank minta NPWP padahal status nya NE... Apa harus diaktifkan dulu... Mohon pencerahan
Unknown mengatakan…
tanya bank deh....
setahu saya, sampai dengan Mei 2016 ini bank belum ada online dengan DJP.
Pihak lain yang sudah online dengan DJP untuk mengecek NPWP baru beberapa Pemda saja. Ini yang disebut KSWP
Wakemsyhu mengatakan…
mau nanya pak,
saya sudah mengaktifkan wp ne kantor, setelah aktif sy urus ulang pkp nya, kemudian sy daftar sertfikat elektronik, sampai disini lancar, tp pada saat sy minta nomor seri faktur pajak baik lewat enofa ataupun manual ke kpp,nomor serinya tidak bisa keluar karena masih NE. saya jd bingung, kalo masih NE kok ngurus yang lain bisa, pas minta fktur pajak tidak bisa... ada solusi pak...?ths
JaverVision mengatakan…
Pak sya mau tanya,Npwp sya NE kta petugas kpp daerah cikarang sya terdaftar di kpp kampung sya magelang,sya di suruh hub kpp pratama mgl tp sudah sy cb byk no gk tersambung smua..susah,apa saya kirim lsng aj lewat pos bukti pph 21 dan laporan spt tahunan saya?soalnya mau ambil perum tkt bermasalah utk pengajuan kpr..atas balasannya trima kasih
Unknown mengatakan…
Kirim via Pos permohonan pengaktiva NPWP.
bukan kirim bukti PPh!
kan form-nya ada diatas
JaverVision mengatakan…
Trima kasih pak raden agus suparman...
Soalnya kmrn nulis laporan spt tahunan 2015 status N/E trs saya cek npwp yg tertulis di bukti pph 21 ke npwp kampung yg gk pernah sya setor krn sya di buatkan pt...npwp 555 tahun 2015 tp mlh jdi 524 tahun 2015..yg npwp cikarang jadi gak aktif...
Anonim mengatakan…
kalau mau bikin npwp cv tapi dikuasakan, bisa pak??
Unknown mengatakan…
Pak,boleh engga yah aktifin npwp kembali ketika sy udah ngajuin permohonan penghapusan npwp??sy uda ngajuin petugasnya minta nomor hp saya kata.a nanti dihubungin lg.tp sampai saat ini sy belum dihubung2in pak.solusinya gmn yah?
Sy mau ngelamar kerja.a jd susah krn persyaratan yg diminta hrs ada npwp
Unknown mengatakan…
Pak,boleh engga yah aktifin npwp kembali ketika sy udah ngajuin permohonan penghapusan npwp??sy uda ngajuin petugasnya minta nomor hp saya kata.a nanti dihubungin lg.tp sampai saat ini sy belum dihubung2in pak.solusinya gmn yah?
Sy mau ngelamar kerja.a jd susah krn persyaratan yg diminta hrs ada npwp
Tidi mengatakan…
Pak, mau tanya kl saya mau me non efektifkan NPWP PT saya, apakah NPWP saya jg jd Berstatus NE?tks atas infonya ya pak.
Tidi mengatakan…
Pak, mau tanya kl saya mau me non efektifkan NPWP PT saya, apakah NPWP saya jg jd Berstatus NE?tks atas infonya ya pak.
Unknown mengatakan…
Mohon infonya Pak. bagaimana jika sy membuat NPWP ketika masih menganggur, setahun kemudian sy menjadi CPNS di provinsi lain. jika ingin mengecek status npwp misalkan berstatus NE apa yang harus sy lakukan pak untuk mengaktifkan kmbali sementara sy ada di luar provinsi. Mohon solusinya Pak?
Syair mengatakan…
mo nanya nih pak, kemarin saya ngurus NPWP di medan,medan petisah, ternyata saya sudah punya NPWP terdaftar di KPP Kebayoran lama, dengan status NE.mau di aktifkan kembali, tapi KTP saya KTP medan, karena saya sudah lama pindah ke medan, petugas NPWP medan petisah mengatakan ke saya, tidak bisa buat NPWP, karena NPWP sqayqa sudah ada,tidak boleh 2 NPWP,dan saya ngurus nya bagaimana pak, trims
Raden Agus Suparman mengatakan…
silakn diaktivkan dulu yang ada.
lapor SPT secara manual akan otomatis jadi aktif
Raden Agus Suparman mengatakan…
aktifkan kembali ke KPP
NPWP berlaku nasional
Raden Agus Suparman mengatakan…
kemungkinan belum dihapus tapi di-NE-kan
silakan minta diaktifkan lagi.

untuk WP orang pribadi, NPWP bisa dihapus jika meninggal
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Raden Agus Suparman mengatakan…
mohon maaf, komentar terhapus tidak sengan

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk dan Contoh PPh Pasal 21

Kartu NPWP Baru