Antara gabung NPWP dengan pisah NPWP

Masih banyak yang bingung bagaimana suami istri yang sama-sama memiliki penghasilan melaporkan penghasilannya. Apakah NPWP suami harus sama dengan NPWP istri? Apakah istri boleh memiliki NPWP yang berbeda dengan NPWP suami? Nah dibahwa ini saya copy paste dari Pasal 2 Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2011. Bagian yang dikutif [agak ke tengah] merupakan copy paste dari batang tubuhnya sedangkan lainnya saya copy paste dari bagian penjelasan.


(1) Setiap Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan  perundang-undangan di bidang perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepada Wajib Pajak diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.
(2) Kewajiban mendaftarkan diri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula terhadap wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena hidup terpisah berdasarkan keputusan hakim atau dikehendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta.
(3) Wanita kawin yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan dan:
a. tidak hidup terpisah; atau
b. tidak melakukan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta secara tertulis,
hak dan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan suaminya.
(4) Wanita kawin sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami harus mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak.
(5) Dalam hal wanita kawin yang ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami sebagaimana dimaksud pada ayat (4) telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak sebelum kawin, tidak perlu mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak.
(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak bagi wanita kawin diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.


Pada dasarnya kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak melekat pada setiap Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif. Yang dimaksud dengan "persyaratan subjektif" adalah persyaratan yang sesuai dengan ketentuan mengenai subjek pajak dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya. Yang dimaksud dengan "persyaratan objektif" adalah persyaratan bagi subjek pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan atau diwajibkan untuk melakukan pemotongan/pemungutan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya.


Pada prinsipnya sistem administrasi perpajakan di Indonesia menempatkan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis, sehingga dalam satu keluarga hanya terdapat satu Nomor Pokok Wajib PajakDengan demikian, terhadap wanita kawin yang tidak dikenai pajak secara terpisah, pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan suami sebagai kepala keluarga. Dalam hal ini wanita kawin telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak sebelum kawin, wanita kawin tersebut harus mengajukan permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dengan alasan bahwa pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan suaminya.


Tidak termasuk dalam pengertian hidup terpisah adalah suami istri yang hidup terpisah antara lain karena tugas, pekerjaan, atau usaha


Contoh :
Suami istri berdomisili di Salatiga. Karena suami bekerja di Pekanbaru, yang bersangkutan bertempat tinggal di Pekanbaru sedangkan istri bertempat tinggal di Salatiga.


Demikian halnya terhadap "anak yang belum dewasa" sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya, yaitu yang belum berumur 18 tahun dan belum pernah menikah, kewajiban perpajakan anak yang belum dewasa tersebut digabung dengan orang tuanya.


Pada dasarnya wanita kawin yang tidak hidup terpisah atau tidak melakukan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta secara tertulis, melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya dengan menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak atas nama suaminya. Namun demikian, dalam hal wanita kawin ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan secara terpisah dari suaminya, maka wanita kawin tersebut harus mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak.


Contoh : 
Bapak Bagus yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak 12.345.678.9-XXX.000 menikah dengan Ibu Ayu yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib  Pajak. Ibu Ayu  memperoleh penghasilan dan ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan secara terpisah dari suaminya. Oleh karena itu, Ibu Ayu harus mendaftarkan diri ke Kantor Direktorat Jenderal Pajak untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak dan diberi Nomor Pokok Wajib Pajak baru dengan nomor 98.765.432.1-XXX.000.


Apabila wanita kawin yang ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan secara terpisah dari kewajiban perpajakan suaminya telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak sebelum kawin, maka Nomor Pokok Wajib Pajak yang telah dimiliki sebelum kawin tersebut digunakan dalam pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan secara terpisah dari suaminya, sehingga wanita kawin tersebut tidak perlu mendaftarkan diri lagi untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak.


Contoh :
Lisa memperoleh penghasilan dan telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak dengan nomor 56.789.012.3-XYZ.000. Lisa kemudian menikah dengan Hengki yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak 78.901.234.5-XYZ.000. Apabila Lisa setelah menikah memilih untuk melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan secara terpisah  dari suaminya, maka Lisa tidak perlu mendaftarkan diri lagi untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak dan tetap menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak 56.789.012.3-XYZ.000 dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya. 





















Komentar

Anonim mengatakan…
Jika ada kasus istri bekerja di Indonesia, sudah punya NPWP, dan suami bekerja di luar negeri (memenuhi syarat kategori WPLN) di negara yg termasuk bebas pajak dan punya tax treaty dengan Indonesia, dia tidak punya NPWP, bagaimana perhitungan pajaknya, Pak?
Raden Agus Suparman mengatakan…
hitung pajak si istri saja karena si suami subjek pajak luar negeri (asumsi dia tinggal lebih dari 183 hari di luar negeri).
Anonim mengatakan…
kalau dari jumlah pajak yang dibayar antara yang pisah NPWP dengan yang satu NPWP apakah ada perbedaan? ada kawan yang ingin istrinya memisahkan NPWP nya karena dia bilang Pajak yang dibayar bisa berkurang
Raden Agus Suparman mengatakan…
walaupun pisah NPWP tetapi cara menghitung pajak digabungkan dulu kemudian diproporsionalkan. mungkin si kawan berpikiran beda entitas sehingga beda tarif, kalo satu NPWP akan kena tarif yang lebih tinggi. padahal harusnya sama saja.

silakan cek contoh perhitungannya di bagian penjelasan pasal 8 UU PPh.
Yona mengatakan…
Melihat contoh perhitungan utk istri yg pisah NPWP, status PTKP menjadi K/I/0 sedangkan dlm NPWP istri terdaftar adalah TK/0. Apakah perhitungan revisi tsb. bisa disanggah apabila sedang dalam proses pemeriksaan?
Trims.
Yona mengatakan…
Dalam contoh perhitungan utk wanita kawin pisah NPWP, tertulis bahwa PTKP menjadi K/I/0 dgn nilai Rp 33jt. Sedangkan, status NPWP istri yg terdaftar adalah TK/0. Apakah dpt mempertahankan laporan pajak terpisah dgn status TK/0 bagi wanita kawin yg sdh mempunyai NPWP sebelum menikah?

Masalahnya adalah pemeriksa pajak berpendapat kalau laporan yg disampaikan salah dan harus dirubah dgn menggabungkan penghasilan istri dan suami, kemudian merubah status PTKP menjadi K/I/0 yg mengakibatkan kurang bayar dgn jumlah substantial. Mohon advis-nya. Terima kasih.
Riana Evira mengatakan…
jika ada WP warga negara asing dan memperoleh penghasilan di Indonesia dan menikah dengan Istri (WNI) yg mempunyai 3 tanggungan serta berpenghasilan, tetapi ada perjanjian pisah harta dan penghasilan, bagaimana kewajiban pelaporan perhitungan tsb dalam SPT Tahunan OP?
Raden Agus Suparman mengatakan…
UU PPh tidak mengenal kewarganegaraan karena UU PPh menganut prinsip keberadaan di Indonesia. Siapapun yang berada di Indonesia lebih dari 183 hari maka itu subjek pajak dalam negeri. Jika si SPDN tsb memperoleh penghasilan maka disebut wajib pajak dalam negeri (WPDN).

Jika si WNA tsb tinggal di Indonesia dengan istrinya (asumsi saya tinggal lama di Indonesia karena sudah punya tanggungan) maka tetap saja si WNA menjadi WPDN.

Kewajiban pisah harta menjadikan baik suami maupun istri wajib memiliki NPWP dan masing-masing wajib lapor. Tetapi sesuai ketentuan Pasal 8 UU PPh bahwa penghitungannya tetap digabung dulu, baru setelah digabung dipisah secara proporsional. Sehingga secara substansi tetap dianggap satu entitas.

Jadi, penghasilan suami dan istri digabung dulu. Setelah dihitung PPh terutang gabungan, maka kemudian dihitung PPh terutang suami dan istri. Silakan mengacu ke contoh di bagian penjelasan Pasal 8 UU PPh.

Raden Agus Suparman mengatakan…
bu Yona, status istri memang tetap TK/O karena status kawinnya sudah "diambil" oleh suami. PTKP si istri adalah untuk dia sendiri.

Silakan di cek di Pasal 7 ayat (1) UU PPh.
Anonim mengatakan…
Jika istri mempunyai suami WNA,istri (ada NPWP) mempunyai harta di indonesia yang didapatkan dari penghasilan suami WNA nya yang bekerja di luar negeri.apakah harta tersebut dapat dianggap sebagai hibah kepada istri?ataukah istri wajib melaporkan penghasilan yang didapatkan untuk membeli harta tersebut diindonesia,agar harta yang dimiliki dapat diakui?
Raden Agus Suparman mengatakan…
perpajakan di Indonesia tidak kenal warga negara.
perpajakan kita menganut sistem lama tinggal.
jika tinggal lebih dari 183 hari maka subjek pajak dalam neger.

jika memang suami WNA tinggal di Indonesia kurang dari 183 hari dalam setahun, maka dia sebagai subjek pajak luar negeri. sekarang tinggal istri yang punya penghasilan di indonesia.

satu keluarga adalah satu entitas.
suami ngasih uang (berapa pun jumlahnya) ke istri, maka dianggap bukan pemberian karena dia ngasih ke "dirinya sendiri" (satu entitas).
jadi, jika istri tidak punya pekerjaan atau tidak punya penghasilan selain dari pemberian suami maka istri tersebut tidak punya penghasilan.

Anonim mengatakan…
tetapi harta atas nama istri yang didapat dari pemberian suaminya yg merupakan Subjek Pajak Luar Negeri,apakah akan terhutang pajak, mengingat diindonesia istri tidak mempunyai penghasilan sama sekali?
Raden Agus Suparman mengatakan…
satu keluarga satu entitas.
silakan dipikirkan lagi.
satu entitas seperti seseorang.
orangnya satu!
Anonim mengatakan…
Kalau suami dan istri sama2 bekerja sbg konsultan dan masing2 mempunyai penghasilan sendiri, apakah sebaiknya NPWP digabung atau dibuat terpisah spy pajak yang terhutang apakah bisa diperkecil? Terima kasih.
kangbejo mengatakan…
bos...coba lihat lagi gambar ke 2, antara pilihan YA atau TIDAK kok, "istri dan suami masing2 memiliki NPWP"
Raden Agus Suparman mengatakan…
benar, memang begitu.
dengan kesadarana sendiri istri boleh beda NPWP dengan suami.
Anonim mengatakan…
Apabila istri WNI memiliki NPWP menikah dgn suami WNA dan berdua tinggal di luar negeri. Setiap tahun istri harus lapor pajak penghasilan pribadi apakah dilaporan tetap nol karena istri tidak bekerja dan mereka tidak tinggal di Indonesia? Terima kasih.
Raden Agus Suparman mengatakan…
minta penghapusan saja atau setidaknya NE.
alasannya karena lebih 183 hari di Luar Negeri.
biar meyakinkan, bilang saja entah sampai kapan di Luar Negeri :D

kalaupun ada harta di Indonesia, maka jika suatu saat nanti ternyata dijual, maka bisa disebut penghasilan yang diterima WPLN dan dipotong PPh Pasal 26.
Anonim mengatakan…
Pak, bila istri WNI dengan suami WNA dan bersama tinggal di luar negeri. Istri Ingin melakukan investasi di Indonesia yang membutuhkan NPWP dan tidak memiliki perjanjian pisah harta. Apakah istri tetap bisa membuat NPWP meskipun tidak memiliki penghasilan? Kategori untuk registrasi yang dpilih apakah istri memilih menjalankan hak dan kewajiban terpisah dari suami? Terimakasih.
Raden Agus Suparman mengatakan…
boleh.
Sebenarnya jika masing "keinginan" tidak perlu buat NPWP heheheh...

Tetapi jika memang sudah memutuskan investasi maka sebenarnya akan ada penghasilan. Hanya masalah waktu saja. Jika investasi tidak berharap penghasilan namanya pemberian.

Karena suami merupakan subjek pajak luar negeri, maka yang dilihat harusnya cukup istri saja. Keluarga sebagai entitas berdasarkan asumsi bahwa suami dan istri sama-sama subjek pajak dalam negeri. Sama-sama di Indonesia.
Anonim mengatakan…
Terima kasih untuk jawabannya Pak. Sangat membantu.
Unknown mengatakan…
Bagaimana kalo si istri kerja Ï‘¡ Kantor tp gak punya Npwp, dibawah ptkp stiap bulannya tp ada satu bulan yg melebihi ptkp krn ada THR. Apakah tetap disetor & dilaporkan? Kan gak punya Npwp. Trims
Raden Agus Suparman mengatakan…
kalau ga punya NPWP tarif PPh pasal 21 menjadi lebih tinggi daripada tarif Pasal 17 UU PPh.
Unknown mengatakan…
terima kasih untuk infonya
Unknown mengatakan…
info yang bagus
Anonim mengatakan…
Pagi, Pak...

Saya mau tanya SPT Tahunan untuk WP Pribadi. Kondisinya sbb :
- Suami bekerja sebagai wiraswasta dengan melaporkan sesuai PP 46 (PPh final 1%)
- Istri bekeja sebagai karyawan (hanya dari 1 pemberi kerja)
- ada pisah harta.

Saat membuat SPT Tahunan apakah harus mengisi formulir perhitungan PPh untuk Pisah Harta? Jika harus mengisi bukannya akan terjadi lebih bayar? Karena status istri di 1721-A1 adalah TK/0. Suami masuk ke Penghasilan yang dikenai PPh Final. Sedangkan pada formulir pisah harta nanti status PTKP adalah K/I/.... sehingga PTKP pasti lebih besar dan pasti akan terjadi lebih bayar.

Bagaimana pengisian SPT Tahunan yang benar untuk kondisi seperti di atas?

Terima kasih atas bantuannya.
Mel
Anonim mengatakan…
Untuk suami isteri yang pisah harta apakah wajib memiliki npwp yang berbeda? Apabila wajib, bagaimana cara melaporkan uang yang diberikan suami ke isteri sebagai kepala keluarga di spt dan pencatatannya?
Unknown mengatakan…
jika ada akta notaris pisah harta, maka masing-masing memiliki NPWP tetapi tetap yang beda ujungnya alias tiga digit pertama.

pisah harta artinya kewajiban pajaknya yang masing-masing, tetapi PPh terutang tetap digabung dulu baru kemudian dihitung kewajiban masing-masing secara proporsional.

tidak ada utang piutang antara suami dan istri
Unknown mengatakan…
status I artinya penghasilan istri yang digabung dengan penghasilan suami kemudian dihitung PPh terutang

kondisinya tentu beda jika penghasilan suami final karena atas penghasilan tersebut tidak digabung.
final itu artinya metode penghitungan PPh terutang terpisah, tidak digunggungkan, dan flat
bunga mengatakan…
Malam pak...
saya mau tanya , suami saya WNA bekerja di luar negri dan memiliki perjanjian pisah harta, saya sebagai ibu rumah tangga dengan 3 orang anak yang hidup dari uang kiriman suami ( saya tidak bekerja),saya bermaksud membeli rumah dari uang kiriman suami saya, apakah saya harus punya NPWP karena persyaratan balik nama diminta npwp sedangkan saya tidak bekerja apa yang harus saya lakukan? terimakasih
bunga mengatakan…
Selamat malam pak...
suami saya wna bekerja di luar negri dan saya tidak bekerja, kami juga memiliki perjanjian pisah harta ,saya dan anak hidup dari uang kiriman suami..saat ini saya mau membeli rumah dengan hasil uang kiriman suami saya..di notaris saya diminta npwp ,apakah saya harus bikin npwp berhubung saya tidak bekerja dan memiliki 3 anak yang hidup dari uang kiriman suami di luar negeri?
bunga mengatakan…
Malam pak...
saya mau tanya , suami saya WNA bekerja di luar negri dan memiliki perjanjian pisah harta, saya sebagai ibu rumah tangga dengan 3 orang anak yang hidup dari uang kiriman suami ( saya tidak bekerja),saya bermaksud membeli rumah dari uang kiriman suami saya, apakah saya harus punya NPWP karena persyaratan balik nama diminta npwp sedangkan saya tidak bekerja apa yang harus saya lakukan? terimakasih
Raden Agus Suparman mengatakan…
sillakan buat NPWP dulu.
jika kita beli dari pengembang yang "benar" nanti pengembang buat faktur atas nama ibu dan dengan NPWP ibu.

setelah transaksi baiknya minta NPWP NE ke KPP.
status NE supaya tidak ada kewajiban lapor SPT
alasannya tidak punya pekerjaan
penghasilan dari suami di LN
Unknown mengatakan…
mau tanya pak, saya kawin dengan WNA yang tinggal di luar negeri, mempunyai perjanjian pisah harta dan mempunayai npwp sendiri. Saya wiraswata di indonesia, dan kadang melakukan investasi bersama suami membeli rumah di indonesia. Pertanyaan saya :
1. Apakah rumah itu dimasukkan ke npwp saya sedangkan uang sebagian dari suami?
2. uangyang saya terima dari suami dimsukkan kebagian mana dalam spt? apakah uang yang saya terima dari suami itu kena pajak?
3. untuk biaya hidup saya dan anak juga dibiayai oleh suami, sehingga biaya hidup saya kecil dan hasil usaha saya langsung jadi invstasi, saya diperiksa pajak dan dikatakan biaya hidup saya terlalu kecil dan dianggap mempunyai penghasilan lain yang sangat anak dan mengakibatkan saya disuruh membayar pajak yang sangat besar
4. selama ini saya menganggap saya tk/0, apakah benar? krn asumsi saya walaupun istri kawin selalu dihitung tk/0?

terima kasih
Unknown mengatakan…
Malam Pak.
saya mau tanya, Saya menikah dengan wna yang bekerja dan tinggal di luar negeri. Memiliki perjanjian pisah harta. Saya seorang karyawan dan melakukan usaha bebas juga.
1. dimasukkan kemanakah uang yang diberikan suami saya kepada saya dalam spt tahunan saya? suami saya memberikan uang tunai ke saya
2. apakah benar Spt saya selama ini saya akui sebagai tk/o krn dalam pernjanjian pranikah dinyatakan bahwa biaya anak dan saya merupakan tanggungan suami?
terima kasih
Unknown mengatakan…
Apakah rumah itu dimasukkan ke npwp saya sedangkan uang sebagian dari suami?
--> ya masukkan saja rumah. jangan hibah dari suami dimasukkan.

menurut saya pemberian lebih baik dimasukkan ke dalam keranjang hibah untuk jaga-jaga ada pertanyaan dari petugas pajak.
normalnya "TIDAK ADA HIBAH" antara suami dan istri. tapi ini si suami kan spln

selama ini saya menganggap saya tk/0, apakah benar? krn asumsi saya walaupun istri kawin selalu dihitung tk/0?
--> benar

Unknown mengatakan…
koreksi: jangan hibah --> jangan lupa hibah ...
Unknown mengatakan…
terima kasih kasih pak, atas jawabannya
Io mengatakan…
syarat untuk penggabungan npwp apa aja pak? gimana cara nya? adakah form khusus nya? terima kasih.
Unknown mengatakan…
daftar saja di djponline.pajak.go.id
kemudian ikuti step-step selanjutnya
Unknown mengatakan…
oh maaf, saya kita daftar NPWP

penggabungan maksudnya asalnya suami dan istri masing-masing punya NPWP. Kemudian istri mau dihapus. gitu kan?

artinya penghapusan NPWP istri.
silakan datang ke KPP.
di KPP sudah ada form penghapusan NPWP
siapkan copy kartu NPWP dan KTP masing-masing, dan copy kartu keluarga
Maria Browning mengatakan…
Selamat sore bapak,
Saya mau menikah dengan WNA. Bagaimana kalau saya tidak mempunyai Prenup, apakah tetap bisa punya NPWP supaya kami bisa tetap beli properti atas nama saya?
Dan bagaimana penghitungan pph saya bila penghasilan saya hanya dari calon suami yang tinggal diluar negri untuk 2tahun perkawinan dan setelah itu dia akan tinggal di Indo.
Terima kasih. Salam.
Unknown mengatakan…
wah kalau dari calon suami ga bisa.
tapi kalau dari suami bisa sebagai bukan penghasilan.

ingat: pemberian penghasilan dari suami ke istri atau sebaliknya bukan penghasilan karena keluarga adalah satu entitas.

Jika nanti ditanya oleh kantor pajak, jawaban terbaik adalah copy buku/akta nikah dan buku tabungan untuk membuktikan bahwa penghasilan tersebut berasal dari suami yang berada di luar negeri.

Beberapa Wajib Pajak yang saya himbau datang seperti itu. Dia membuktikan bahwa suaminya tinggal di luar negeri dan dia hidup dari kiriman suaminya. Selama bisa dibuktikan, menurut saya kantor pajak harus bisa menerima.

oh ya, jika belum punya NPWP, silakan daftar dulu di djponline.pajak.go.id/
DSR mengatakan…
Halo Pak,

Saya ada beberapa pertanyaan mengenai NPWP
1.Apakah penggabungan NPWP istri & Suami berarti NPWP istri harus dihapus ?
2. Jika ya, apabila istri bekerja maka NPWP yang didaftarkan di perusahaan juga harus diganti menjadi NPWP Suami ?
3. Apabila suami adalah WPLN maka bagaimana cara pelaporannya ? apakah ada dokumen yang harus diajukan terlebih dahulu untuk WPLN ?

Terima Kasih
Unknown mengatakan…
1. benar. istri minta dihapus kemudian minta NPWP lagi yang "cabang" kode 999.
2. pake npwp xx.xxx.xxx.x-kpp.999
3. bisa lapor dari LN kalau memang mau. kan ada efiling. tapi jika memenuhi syarat subjek pajak luar negeri, sebenarnya tidak wajib.

jika memang memenuhi syarat wajib pajak luar negeri, silakan minta NE dulu ke KPP biar tidak wajib lapor. Nanti jika balik lagi minta aktifkan kembali
Anonim mengatakan…
Pagi, Pak...jika ada wanita kawin. NPWP memilih terpisah, pekerjaan PNS, mendapat PPh DTP. Suami bekerja sbg karyawan swasta, satu penghasilan. Efeknya tetap krg byr atau bagaimana Pak?
Unknown mengatakan…
Salam kenal pak Suparman ,
Ini ada contoh kasus :
Si A pekerja bebas komisioner penghasilan 150 jt /tahun istrinya Si B tidak punya NPWP ,juga pekerja bebas guru private les freelance penghasilan 100 jt pertahun .perhitungan pph terhutang masa pajak 2015 adalah :

* penghasilan bruto A dan B masing masing di rincikan jan -Des 2015

Penghasilan netto A = 40 % (norma)x 150 jt =60 jt
Penghasilan Netto B = 35 % (norma)x 100 jt = 35 jt
Penghasilan netto gabungan = 60 jt + 35 jt = 95 jt
PTKP (K/I/2) = 81 jt
PKP = 14 jt
PPH 17 = 5 % x 14 jt = 700 rb

Pertanyaan :
1.apakah betul perhitungan di atas ? Dengan PTKP K/I/2 = 81 JT
2.apakah penghasilan netto istri di tulis di kolom penghasilan netto lainnya ? Atau di kolom penghasilan netto sebaris dgn penghasilan netto suami ?
Terima kasih atas pencerahannya

Unknown mengatakan…
kalau digabung pasti kurang bayar
Unknown mengatakan…
PTKP betul seperti itu.
tabel TPKP 2015 bisa dilihat di http://pajaktaxes.blogspot.co.id/2015/07/penyesuaian-ptkp-2015-berakibat-pajak.html

Pelaporang penghasilan di SPT berdasarkan jenis penghasilan. CONTOH: suami punya penghasilan deposito, istri juga punya maka semua penghasilan deposito dijumlahkan dan dilaporkan.

Anonim mengatakan…
Pak maaf suami saya bekerja di luar negeri dan WNA. Saya tinggal di jakarta dan tidak bekerja. Saya ada tabungan, mobil dan cicilan apt. Yg pembayarannya memakai uang gaji suami.
Saya ada NPWP atas nama saya pribadi. Apakah saya harus lapor ? Terima kasih.
Anonim mengatakan…
Pak maaf suami saya bekerja di luar negeri dan WNA. Saya tinggal di jakarta dan tidak bekerja. Saya ada tabungan, mobil dan cicilan apt. Yg pembayarannya memakai uang gaji suami.
Saya ada NPWP atas nama saya pribadi. Apakah saya harus lapor ? Terima kasih.
Anonim mengatakan…
selamat sore, Pak. apabila suami WNI menikah dengan istri yang WNA, dan istri bekerja di luar negeri, yang memiliki NPWP hanya suami. bagaimana pelaporan SPT Tahunan suami?? apakah penghasilan istri juga digabung ke suami karena satu entitas??
Unknown mengatakan…
Salam Kenal Pa,

Mohon penjelasan untuk perhitungan pajak jika suami istri beda NPWP, krn ada bebrapa hal pribadi sehingga istri tdk ingin dihapuskan npwp nya. Suami usaha, pajak mengikuti PP 46, bayar 1% dr omzet setiap bulan (Penghasilan Final). Sedngkan Istri kerja dg dipotong pph pasal 21 dr perusahaan. Bagaimana perhitungan pajaknya jika digabung, karena suami masuk ke penghasilan final, sdgnakn istri bkn penghasilan final. Apakah setelah digabung penghasilan netto antara suami & istri, ada kurang bayar pajaknya lagi?

Mohon penjelasannya.

Salam
Unknown mengatakan…
karena keluarga satu entitas dan suami berada di Indonesia maka pelaporannya di pihak suami.

penghasilan istri bisa dianggap sebagai PPh Pasal 24, yaitu penghasilan dari luar negeri dan pajak yang sudah dibayar dikreditkan sebagai PPh Pasal 24.

Unknown mengatakan…
lapor masing-masing saja.
antara final dan umum tidak bisa digabung.

penghasilan yang digunggungkan (digabungkan) adalah penghasilan yang dikenai tarif PPh Pasal 17 UU PPh.

jadi lapor masing-masing saja
Anonim mengatakan…
siang pak saya wanita kawin beda npwp dengan suami karena sebelumnya kami sudah punya npwp sendiri-sendiri, suami saya punya usaha sendiri dan saya pns, selama ini kami melakukan pelaporan spt masing-masing namun tahun ini dari pihak usaha suami minta digabung mengakibatkan kurang bayar sehingga saya harus bayar nambah dari pph 21 yang telah dibayar kantor dan suami saya juga harus nambah dari pajak yang sudah dibayar tiap bulannya. apakah spt wajib digabung atau tetap masing-masing dan bila kurang bayar itu pajak apa yang kurang ya?
Unknown mengatakan…
baiknya yang ibu dihapusa saja.
kemudian minta NPWP istri ke KPP dimana suami terdaftar.
memang jadi lebih repot awalnya, tapi ke depannya lebih enak.
daripada tiap tahun repot.

penghasilan suami dan istri jika digabung kan lebih besar. Nah penambahan penghasilan tersebut mengakibatkan beda tarif.
Pasal 17 UU PPh itu kan tarif progresif.
maka besar penghasilan tarifnya makin tinggi.

penyebab kurang bayar itu pada umumnya karena tarif progresif.
KOPI ASLI TORAJA mengatakan…
selamat siang pak... kebetulan ada keluarga punya istri PNS dan NPWP ikut Suami kode (001) belakangnya,, kemudian sang istri mau melaporkan sendiri pendapatnanya karena sang istri sudah terdaftar dalam EFIN sedangkan sang suami masih dalam Manual Pelaporannya.. apa bisa seperti itu yah pak..??
Unknown mengatakan…
bukan masalah bisa atau tidak bisa.
ini malasah kewajiban
siapa yang wajib lapor?

NPWP istri itu tidak wajib lapor
Unknown mengatakan…
salam pak agus..

jika istri adalah PNS yang memiliki NPWP sedangkan suami bukan PNS dan tidak memiliki NPWP :
1. apakah status pajak istri adalah KK/kepala keluarga atau MT/pajak terpisah?
2. kalau status pajak istri MT/pajak terpisah, bagaimana cara mengisi formatnya?, karena pada status MT dibutuhkan NPWP suami.
mohon penjelasannya
terima kasih
Unknown mengatakan…
salam pak agus

mohon penjelasanya:

apabila istri adalah seorang PNS yang memiliki NPWP sedangkan suami bukan PNS dan tidak memiliki NPWP :
1. Apakah dalam pelaporan pajak istri menggunakan status KK/kepala keluarga atau MT/pisah pajak?
2. jika memilih MT/pisah pajak, dibutuhkan NPWP suami.

mohon penjelasanya..terima kasih

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk dan Contoh PPh Pasal 21

Kartu NPWP Baru